Hikmah, Nailul (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN PILANG 1 WONOAYU SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
NAILUL HIKMAH_D24180049_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Pilang 1 Wonoayu Sidoarjo - Nailul Hikmah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Pilang 1Wonoayu Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental design jenis non equivalent pretest and posttest control group design. Populasi penelitan ini adalah seluruh Peserta didik SDN Pilang 1, dengan sampel kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dengan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol signifikansinya < 0,05 yaitu
sebesar 0,000. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini
menunjukkan model pembelajaran flipped classroom memiliki tingkat pengaruh besar terhadap hasil belajar matematika matematika kelas IV SDN Pilang 1 Wonoayu Sidarjo. Pada penelitian tersebut terdapat beberapa kendala yang dihadapi yaitu, handphone dibawa orang tua kerja, tidur sebelum menyimak video, dan terdapat pula yang mengaku jika kuota internetnya habis.
========================================================================================================================
his research aims to determine whether or not the effect of the use of the flipped classroom learning model on the fourth grade mathematics learning outcomes at SDN Pilang Wonoayu Sidoarjo. The research method is used quantitative with a quai experimental design with non-equivalent pretest and posttest control group designs. The population of this research is all students of SDN Pilang 1, with a sample of class IV A as the control class and IV B as the experimental class. Data collection techniques using interviews, tests,
documentation, and observation. Data analysis technique using Independent Sample t-test. The results of this study show that the posttest value of the experimental class and the control class has a significance of <0.05, which is
0.000. This means that there is a significant difference between the posttest results of the experimental class using the flipped classroom learning model and the control class using the conventional learning model. This shows that the flipped classroom learning model has a large level of influence on mathematics learning outcomes for fourth graders at SDN Pilang 1 Wonoayu Sidarjo. In this study, there are several obstacles faced, namely, the phones brought by parents to work, before sleep don't watch the videos, and also those who admitted that the internet
quota ran out.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model flipped classroom; matematika; hasil belajar flipped classroom model, mathematics; learning outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:07 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:42 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/416 |