PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANASIA (PETA FLORA FAUNA DI INDONESIA) PADA MATERI IPS KELAS V DI MINU KH. MUKMIN SIDOARJO

Saifudin, Mochamad Zainal (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANASIA (PETA FLORA FAUNA DI INDONESIA) PADA MATERI IPS KELAS V DI MINU KH. MUKMIN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of D24180132_MOCHAMAD ZAINAL SAIFUDIN_PENGEMBANGAN MEDIA PANASIA - Risma Pravita.pdf] Text
D24180132_MOCHAMAD ZAINAL SAIFUDIN_PENGEMBANGAN MEDIA PANASIA - Risma Pravita.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai upaya pencapaian kompetensi melalui pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS di MINU KH. Mukmin Sidoarjo pada kelas V serta bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran PANASIA (Peta Flora Fauna di Indonesia) pada materi IPS kelas V di MINU KH. Mukmin Sidoarjo”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berupa Model 4-D yang dilakukan melalui 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate), tetapi peneliti tidak sampai ke tahap yang ke empat di karenakan tanpa adanya penyebaran, tetapi di implementasikan di satu sekolah. Obek penelitian ini merupakan siswa kelas V pada materi IPS dengan tujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran bagi Guru dan Siswa di MINU KH. Mukmin Sidoarjo. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa media pembelajaran
Panasia memberikan pengaruh sangat besar dalam proses pembelajaran siswa di lihat dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Validasi ahli media sebesar 84% dan validasi ahli materi sebesar 91%, serta tahap uji coba produk yang di lakukan oleh peneliti di sekolah dari hasil angket respon guru sebesar 84% dan hasil angket respon sebesar 86,6%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan
bahwa media pembelajaran panasia ini sangat sesuai untuk digunakan dalam menunjang sistem pembelajaran di sekolah agar lebih baik lagi.
========================================================================================================================
This study aims to improve student learning achievement as an effort to achieve competence through the development of learning media on Social Science subjects at MINU KH. Mukmin Sidoarjo in class V and aims to design and develop learning media PANASIA (Map of Flora Fauna in Indonesia) for social
studies material for class V at MINU KH. Sidoarjo believers". The type of research used is development research in the form of a 4-D model which is carried out through 4 stages, namely defining, designing, developing, and disseminating, but the researchers did not reach the fourth stage in this study. because there is no deployment, but it is implemented in one school. The object of this research is a fifth grade student on social studies material with the aim of optimizing learning for teachers and students at MINU KH. Sidoarjo believers. The results of this
study show that the Panasia learning media has a very large influence on the student learning process in terms of the results of the validation of media experts and material experts. The validation of media experts is 84% and material expert validation is 91%, as well as the product trial phase carried out by researchers at schools from the results of the teacher response questionnaire by 84% and the response questionnaire results by 86,6%. From the results of these studies indicate that this panasia learning media is very suitable to be used in supporting the learning system in schools to make it even better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Peta, Panasia, Flora dan Fauna Learning Media, Map, Panasia, Flora and Fauna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:21
Last Modified: 01 Mar 2024 02:39
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item
View Item