PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SISWA : STUDI KASUS PADA KELAS VB SDN BLIGO CANDI SIDOARJO

Rocsdiani, Lilis (2022) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN SISWA : STUDI KASUS PADA KELAS VB SDN BLIGO CANDI SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI LILIS - Sharifah Ageng Pratiwi.pdf] Text
SKRIPSI LILIS - Sharifah Ageng Pratiwi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesadaran untuk ketaatan mentaati aturan dalam membentuk karakter moral. Oleh karena itu disiplin merupakan masalah penting. Dalam kaitan ini maka dibutuhkan peran guru di sekolah dalam membentuk karakter siswa yang kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peran guru dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas VB SDN Bligo Candi Sidoarjo, (2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas VB SDN Bligo Candi Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran guru dalam membentuk karakter disiplin kelas VB SDN Bligo Candi Sidoarjo meliputi, guru berperan sebagai pengajar, guru berperan sebagai pendidik, guru berperan sebagai evaluator, guru berperan sebagai teladan dan contoh, guru berperan sebagai penasehat, guru berperan sebagai motivator, guru berperan sebagai konselor. (2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VB SDN Bligo Candi Sidoarjo meliputi, program kegiatan sekolah yang mendukung, kerja sama semua warga sekolah yang baik, peran aktif kerja sama guru dan orang tua terhadap perkembangan siswa. Selanjutnya faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VB SDN Bligo Candi Sidoarjo, adanya kerja sama orang tua yang kurang baik, pengawasan guru dengan siswa yang terbatas, pengaruh pergaulan dari teman-temannya, pemanfaatan teknologi yang kurang baik.
========================================================================================================================
Discipline is an attitude that shows awareness of obedience to obeying the rules in shaping moral character. Therefore discipline is an important problem. In this connection, the role of teachers in schools is needed in forming strong student characters. The purpose of this study was to: (1) describe the role of the teacher in shaping the disciplinary attitudes of fifth grade students at SDN Bligo Candi Sidoarjo, (2) describe to supporting and inhibiting factors in shaping the discipline attitudes of fifth grade students at SDN Bligo Candi Sidoarjo. To achieve a goal of research, using qualitative research approach with descriptive qualitative research type. Key instrument is a researcher, data collection technique by observation, interviewer and documentation. Analyzed data by reducing data, describing data, and drawing conclusion. The results of the study show that, (1) The role of the teacher in shaping the discipline character of class V in SDN Bligo Candi Sidoarjo includes, the teacher acts as an teacher, the teacher acts as an educator, the teacher acts as an evaluator, the teacher acts as an example and guidance, the teacher acts as an advisor, the teacher acts as a motivator, and the teacher acts as a counselor. (2) Supporting factors in forming the disciplinary character of fifth grade students at SDN Bligo Candi Sidoarjo include, supporting school activities programs, good cooperation of all school members, active role of teacher and parent cooperation on student development. Furthermore, the inhibiting factors in forming the disciplinary character of fifth grade students at SDN Bligo Candi Sidoarjo include, the lack of cooperation between parents, limited supervision of teachers and students, the influence of relationships with friends, poor utilization of technology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter Disiplin Teacher’s role, discipline character
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:05
Last Modified: 01 Mar 2024 02:38
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item