ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN PRASUNG BUDURAN SIDOARJO

Apriliah, Lidiah (2022) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN PRASUNG BUDURAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of LIDIAH APRILIAH_D24180045_PGSD_ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN PRASUNG BUDURAN SIDOARJO - Lidiah Apriliah.pdf] Text
LIDIAH APRILIAH_D24180045_PGSD_ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN PRASUNG BUDURAN SIDOARJO - Lidiah Apriliah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan prencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi guru tidak konsisten dalam membuat RPP, masih belum variatif dan monoton cara mengajarnya, peserta didik tidak banyak memahami materi pelajaran, guru cenderung hanya menguji aspek ingatan dan keterampilan tidak adanya inovasi dalam menguji kemampuan dengan menggunakan soal-soal. Jenis
penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 3 responden mulai guru kelas I, kelas II, dan kelas III. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan model milles and huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti yakni kompetensi pedagogik guru dalam kategori sangat baik dengan persentase 96,29% yaitu pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan kategori cukup baik dengan persentase 71,29% dyaitu pada pelaksanaan pembelajaran. Dalam kategori sangat baik dengan persentase 100% yaitu kompetensi penilaian hasil belajar.
========================================================================================================================
This study aims to determine the pedagogic competence of teachers in the development of planning, implementation, and assessment of learning outcomes. This research is motivated by the teacher being inconsistent in making lesson plans,
still not varied and monotonous in teaching methods, students do not understand much of the subject matter, teachers tend to only test aspects of memory and skills,
there is no innovation in testing abilities by using questions. This type of research is a descriptive method with a qualitative approach. The subjects in this study were
3 respondents, starting from class I, class II, and class III teachers. Data collection techniques in this study used interviews, observation, and documentation. Test the validity of the data using the credibility test using triangulation of sources and techniques. Meanwhile, the data analysis technique uses the Milles and Huberman model which includes data reduction, data display, and drawing conclusions. The results obtained by the researchers are the pedagogical competence of teachers in the very good category with a percentage of 96.29%, namely in planning the implementation of learning. While the category is quite good with a percentage of 71.29% in the implementation of learning. In the very good category with a percentage of 100%, namely the competency assessment of learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, keterampilan dasar mengajar, sekolah dasar pedagogic competence, basic teaching skills, elementary school
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:53
Last Modified: 01 Mar 2024 02:37
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item
View Item