PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI SISWA KELAS IV SDN PILANG 1

Putri, Laily Santinia Rahmah (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI SISWA KELAS IV SDN PILANG 1. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of LAILY SANTINIA_D24180044_PGSD_PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI SISWA KELAS IV SDN PILANG - 2018B_13_Laily Santinia Rahmah P-1.pdf] Text
LAILY SANTINIA_D24180044_PGSD_PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI SISWA KELAS IV SDN PILANG - 2018B_13_Laily Santinia Rahmah P-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berpikir kritis yang rendah penyebabnya adalah kurang efektifnya pembelajaran di dalam kelas. Pendekatan yang diterapkan guru di kelas menjadikan siswa pasif dan takut karena anggapan
mereka bahwah pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education. RME terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pilang 1 dengan 20 siswa. Pentingnya guru untuk menerapakan pembelajaran yang menyenangkan dan bersifat nyata dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metodelogi penelitian ini yaitu kuntitatif, jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dan menggunakan desain penelitian one grup pretest and postest. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Nilai thitung = 9,94 dan > ttabel = 2,09. Rata-rata nilai pretest yaitu 49,70 sedangkan postest mengalami kenaikan yaitu 72,77. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan nilai pretest dan postest setelah diterapkannya RME. Dapat disimpukan bahwa pendekatan RME berpengaruh pada keterampilan berpikir kristis siswa dalam pembelajaran matematika.
========================================================================================================================
This research is motivated by low critical thinking skills the cause is less effective learning in the classroom. The approach applied by teachers in the classroom makes students passive and afraid because they think that mathematics lessons are difficult and scary lessons. So this study aims to determine the influence of Realistic mathematical Education approach. RME on critical thinking skills fourth grade students SDN Pilang 1 twenty student. The importance of teachers to implement learning that is fun and Real can improve students ' critical thinking skills. The methodology of this research is quantitative, this type of research is a pseudo experiment and uses the one group pretest and postest research design. The results obtained in this study are
The value of thcount = 9.94 and > ttable = 2.09. The average value of pretest is 49.70 while postest has increased is 72.77. This shows the difference between pretest and postest values after the implementation of RME. It can be concluded
that the RME approach has an effect on students ' critical thinking skills in mathematics learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME, keterampilan berpikir kritis RME approach, critical thinking skills
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:20
Last Modified: 01 Mar 2024 02:36
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item
View Item