PENGARUH MODEL BALANCED LITERACY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS III SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO

Izah, Inayatul (2022) PENGARUH MODEL BALANCED LITERACY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS III SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of INAYATUL IZAH_D24180011_PGSD_PENGARUH MODEL BALANCED LITERACY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS III SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO - Inayatul Izah.pdf] Text
INAYATUL IZAH_D24180011_PGSD_PENGARUH MODEL BALANCED LITERACY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS III SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO - Inayatul Izah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Balanced Literacy terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dimana data yang dihasilkan berupa angka. Data hasil penelitian dihitung menggunakan software SPSS versi 16. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji beda t-test (independent sample test). Hasil penelitian menyatakan bahwa dari hasil pengujian
hipotesis penelitian terdapat pengaruh Model Balanced Literacy terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas III SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan nilai pada uji beda t-test (independent sample test) yang menunjukkan bahwa sig 0,006 < 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha menyatakan “Ada pengaruh Model Balanced Literacy terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III”.
========================================================================================================================
This research was conducted at SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. The purpose of this study was to determine the effect of the Balanced Literacy model on Indonesian language learning outcomes for third-grade students at SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. This research includes quantitative research where the data generated is in the form of numbers. The research data were calculated using SPSS software version 16. This type of research is quasi-experimental research (quasi-experimental) with a Nonequivalent Control Group Design. Data collection techniques used in this study were interviews and tests. The data analysis technique used a validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, and different test t-tests (independent sample test). The results of the study stated that from the results of testing the research hypothesis, there was an effect of the Balanced Literacy Model on Indonesian language learning outcomes in third-grade students at SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. This is evidenced by the value on the different t-tests (independent sample test) which shows that sig 0.006 0.05 then Ho is rejected or Ha is accepted. So it can be
concluded that the hypothesis Ha states "There is an effect of the Balanced Literacy Model on the learning outcomes of Indonesian class III students".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Balanced Literacy, Hasil Belajar, Peserta Didik Balanced Literacy Model, Learning Outcomes, Students
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:50
Last Modified: 01 Mar 2024 02:33
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item
View Item