ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VA SDN PILANG 1 KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO

Solikah, Imroatus (2022) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VA SDN PILANG 1 KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of IMROATUS SOLIKAH_D24180040_PGSD_ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VASDN PILANG 1 KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO_compressed (1) - Imroatus solikah.pdf] Text
IMROATUS SOLIKAH_D24180040_PGSD_ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VASDN PILANG 1 KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO_compressed (1) - Imroatus solikah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan umum seseorang termasuk di dalam peningkatan penguasan teori dan keterampilan. Gaya belajar merupakan suatu pendekatan yang menjelaskan mengenai bagaimana individu belajar atau cara yang ditempuh oleh masing – masing orang untuk berkonsentrasi pada proses, dan menguasai informasi yang sulit dan baru melalui perpsepsi yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas VA SDN Pilang 1 dalam proses pembelajaran tematik dan Untuk mengidentifikasi jenis gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa kelas VA SDN
Pilang 1.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan cara model interaktif keabsahan data, teknik analisis data dan reduksi data. Berdasarkan teknik pengumpulan data tersebut peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan
lembar angket. Hasil observasi, wawancara dan angket penelitian menunjukan bahwa gaya belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas VA SDN Pilang 1, dalam
pembelajaran tematik mayoritas memiliki gaya belajar Auditori dan gaya belajar Kinestetik.
========================================================================================================================
Education is an activity to improve one’s general knowledge, including in increasing mastery of theory and skills. learning style is an approach that explains how individuals learn or the ways taken by each person to concentrate on the process, and master difficult and new information through different perceptions. The purpose of this study was to describe the learning styles of the VA class students of SDN Pilang 1 in the thematic learning process and to identify the typo of dominant learning style possessed by the VA class students of SDN Pilang 1. This study used descriptive
qualitative method. Data were analyzed using an interactive model of data validity, data analysis techniques and data reduction. Based on the data collection technique, the researcher used research instruments in the form of observation sheets, interview sheets, and questionnaire sheets. The results of observations, interviews, and research questioonires show that the students’ learning styles in thematic learning in class VA SDN Pilang 1, in thematic learning the majority have Audiotori learning styles and Kinesthetic learning styles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, pembelajaran tematik, Learning style, Thematic learning,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:37
Last Modified: 01 Mar 2024 02:32
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item
View Item