Nazila, Ikma Qusnul (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS III SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
IKMA QUSNUL NAZILA_D24180010_PGSD_PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHAD - ikma qusnul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah True-eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan tes. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III-B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas III-A sebagai kelas kontrol. Uji instrumen penelitian
menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotetis. Hasil rata-rata (mean) pada kelas eksperimen sebesar 77 sedangkan nilai rata-rata (mean) pada kelas kontrol sebesar 52. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil uji hipotesis output SPSS yaitu 0 < 0,05 yang artinya penerapan metode miind mapping dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik materi perubahan wujud benda kelas III SDN Sidoklumpuk Sidoarjo.berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan metode miind mapping dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik materi perubahan wujud benda kelas III SDN Sidoklumpuk.
========================================================================================================================
The purpose of this reseach was to determine the effect of using mind mapping method on the learning outcomes of third grade students at SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. This type of research is True-eksperiment with Pretest�Posttest Control Group Design . group design data collection using test. The
subjects in this research were students of class III-B as the experimental class and students of class III-A as the control class. The research instrument test use validity
and reliability test. Prerequisite test using normality test and homogeneity test and hypothetical test. The average value (mean) in the experimental class is 77 while the average value (mean) in the control class is 52. The results of the hypothesis test are that the results of the SPPS output hypothesis test are 0 < 0.05, which means that the application of the mind mapping method can effect the results. Based on the results of the research, there is an effect of using the mind mapping method that can effect student learning outcomes in the material of change of shape in class III SDN Sidoklumpuk.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Hasil Belajar Mind Mapping, Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 09:00 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:32 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/404 |