PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BERGI” BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL ADDIE KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nofiana, Duwi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BERGI” BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL ADDIE KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of DUWI NOFIANA_D24180070_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERGI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL ADDIE KELAS IV SEKOLAH DASAR - 18C_08_Duwi Nofiana.pdf] Text
DUWI NOFIANA_D24180070_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERGI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL ADDIE KELAS IV SEKOLAH DASAR - 18C_08_Duwi Nofiana.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai bagaimana mengembangkan media pembelajaran “bergi” berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran IPA materi sumber energi untuk peserta didik di kelas IV SDN Bluru Kidul 2. Tujuanya adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran “bergi” yang menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu : Analyze (analisis), Design (desain atau perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari pengembangan media ini, peneliti dapat mengembangkan aplikasi dengan nama media “Bergi”. Peneliti mendapat hasil
validasi dari ahli materi dan ahli media pada rentang presentase 81% - 100% dengan perolehan skor presentase untuk ahli materi sebesar 98,33% dan ahli media sebesar 84,21% dengan kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan hasil uji coba dari guru dan peserta didik pada rentang presentase 81% - 100% dengan perolehan skor presentase untuk uji coba guru sebesar 82,14% dan uji coba peserta didik sebesar 93,62% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehinga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “bergi” sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan oleh peserta didik. Penggunaan aplikasi pemograman Articulate Storyline 3 sangat bagus dan
tepat sebagai pengembangan media pembelajaran. Karena banyaknya fitur dari aplikasi Articulate Storyline 3 sehingga dapat membuat berbagai macam aplikasi seperti media sumber energi (bergi).
========================================================================================================================
This thesis discusses how to develop learning media "bergi" based on Articulate Storyline 3 in science subjects on energy source material for students in grade IV SDN Bluru Kidul 2. The purpose is to describe how to develop "bergi" learning media using the Articulate Storyline 3 application. This research uses the ADDIE development model, namely: Analyze (analysis), Design (design or design), Development (development), Implementation (implementation), and Evaluation (evaluation). The results of this media development, researchers can develop applications with the media name "Bergi". Researchers received validation results
from material experts and media experts in the 81% - 100% percentage range with the percentage score for material experts of 98.33% and media experts of 84.21% with "Very Valid" criteria. While the results of trials from teachers and students in the percentage range 81% - 100% with a percentage score for teacher trials of 82.14% and student trials of 93.62% with the criteria "Very Practical". So it can be concluded that the learning media "bergi" is very valid and very practical to be used by students. The use of the Articulate Storyline 3 programming application is very
good and appropriate as a learning media development. Because of the many features of the Articulate Storyline 3 application so that it can make various kinds of applications such as energy source media (bergi).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, pengembangan ADDIE, Articulate Storyline 3 Learning media, ADDIE Development, Articulate Storyline 3
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:03
Last Modified: 01 Mar 2024 02:29
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item