PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI OPRASI HITUNG PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PILANG 1

Rahayu, Dita Sri (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI OPRASI HITUNG PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PILANG 1. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of DITA SRI RAHAYU_D24180060_PGSD_FILE LENGKAP_compressed - Rima Puji Astutik.pdf] Text
DITA SRI RAHAYU_D24180060_PGSD_FILE LENGKAP_compressed - Rima Puji Astutik.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Pilang 1, bahwa pemahaman siswa pada matematika kurang maksimal. Permasalahan terseut disebabkan oleh proses pembelajaran daring selama adanya pandemi covid 19. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti
menggunakan suatu pendekatan pembelajaran, salah satu pendekatan matematika yang dapat digunakan untuk mendukung pengaruh pembelajaran adalah menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Berdasarkan uraian diatas, peneliti ingin mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pecahan senilai pada siswa kelas IV SD Negeri Pilang 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desian penelitian quasi experiment design, sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pilang 1 dengan subjek penelitian 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa tes uraian 10 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistika dengan
menggunakan uji t-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, sebelum menggunakan pendekatan RME, rata-rata hasil pretest sebesar 25,68 dengan dengan kategori sedang, sedangkan rata-rata hasil posttest atau setelah diberi
perlakuan menggunakan pendekatan pembelajaran RME sebesar 86,12 dengan kategori tinggi. Hal tersebut diperoleh dari uji t-test yang nilai probabilitasnya 0,000. Nilai probabilitas tersebut lebih kecil dari taraf signifikan (0,05) maka terdapat sebuah pengaruh dari perlakuan yang telah dilakukan.
========================================================================================================================
This research is motivated by the low learning outcomes of fourth grade students at SDN Pilang 1, that students' understanding of mathematics is not optimal. The problem is caused by the online learning process during the covid 19 pandemic. To overcome this problem, the researcher uses a learning approach, one of the mathematical approaches that can be used to support the influence of learning is using the Realistic Mathematics Education (RME) learning approach. Based on the description above, the researcher wants to know the effect of the Realistic Mathematics Education (RME) learning approach on the equivalent fraction material for fourth grade students of SD Negeri Pilang 1. This study uses
quantitative research. This study uses a quasi-experimental research design, the target of this research is the fourth grade students of SD Negeri Pilang 1 with the research subject of 25 students. The data collection technique used is a test in the form of a description test of 10 questions. The data obtained were analyzed using statistical methods using the t-test and N-Gain. The results showed that before
using the RME approach, the average pretest result was 25.68 in the medium category, while the average posttest result or after being treated using the RME learning approach was 86.12 in the high category. This is obtained from the t-test
with a probability value of 0.000. The probability value is smaller than the significant level (0.05), then there is an effect of the treatment that has been carried out.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME, Hasil belajar. RME approach, learning outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:33
Last Modified: 01 Mar 2024 02:28
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item
View Item