Affandi, Dilang Ibnu (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Dilang Ibnu Affandi_D24180069_Pengembangan Media Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah dasar - Dilang Affandi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sistem peredaran darah manusia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Obyek penelitian ini adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sistem peredaran darah manusia dan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dan angket validasi. Wawancara dalam penelitian ini adalah interview ke guru kelas. Sedangkan angket validasi dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi materi dan lembar angket validasi produk. Peneliti menggunakan tahapan-tahapan penelitian pengembangan menurut model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja, peneliti tidak sampai pada tahap implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation), karena peneliti hanya fokus pada nilai-nilai perubahan dalam kurun waktu tertentu dan nantinya penelitian ini dapat digunakan untuk menghasilkan produk baru dalam proses pengembangan lainnya. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari validator menunjukkan bahwa nilai validasi yang dilakukan oleh ahli Materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85% termasuk dalam katergori “sangat layak. Sedangkan hasil validasi media yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 88,3% termasuk dalam kategori “sangat layak”.
========================================================================================================================
This study aims to develop learning media for the human circulatory system in the Natural Sciences subject of Class V School. The research conducted in this research is development research. The object of this research is the subject of Natural Sciences, the material of the human circulatory system and interactive powerpoint-based learning media. Data collection techniques in this study are
interviews and validation validation. Interviews in this study were interviews with classroom teachers. While the validation questionnaire in this study was a material validation questionnaire sheet and a product validation questionnaire sheet. Researchers used the stages of development research according to the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) but in this study only reached the development stage, researchers did not reach the implementation and evaluation stages, because researchers only focus on the
values of change in a certain period of time and subsequent research can be used to produce new products in other development processes. Based on the validation obtained from the validator, it shows that the value validation carried out by the Materials expert gets an average value of 85% which is included in the "very feasible" category. While the results of media validation carried out by media experts get an average value of 88,3% which is included in the"very feasible" category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian pengembangan, powerpoint interaktif, sistem peredaran darah manusia Research development, interactive powerpoint, human circulatory system |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 07:22 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:27 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/399 |