PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN TEMA 4 “BERBAGAI PEKERJAAN” DI SDN PLUMBUNGAN

Novitasari, Dewi (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN TEMA 4 “BERBAGAI PEKERJAAN” DI SDN PLUMBUNGAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Dewi Novitasari_D24180156_Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis web - Devi Irda.pdf] Text
Dewi Novitasari_D24180156_Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis web - Devi Irda.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai bagaimana mengembangkan Multimedia Interaktif Berbasis Web Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” di SDN Plumbungan Sidoarjo. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pengembangan. Menggunakan model pengembangan ADDIE. Menggunakan lima fase yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil dari pengembangan media ini, peneliti dapat mengembangkan web dengan materi tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV dan peneliti mendapat hasil validasi dari ahli materi, ahli media angket guru dan angket peserta didik. Hasil nilai persentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 94%
pada kategori “Sangat Baik atau Sangat Layak”, hasil dari ahli materi sebesar 89,6% pada kategori “Baik atau Layak”, hasil dari angket guru sebesar 100% pada kategori “Sangat Baik” dipertemuan 1-3, hasil dari angket peserta didik dipertemuan pertama sebesar 85,9% pada kategori “Baik”, hasil dari angket peserta didik dipertemuan kedua sebesar 93,5% pada kategori “Sangat Baik atau Sangat Layak”, dan hasil dari angket peserta didik dipertemuan ketiga sebesar 96,9% pada kategori “Sangat Baik atau Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Web Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” layak digunakan.
========================================================================================================================
This thesis discusses how to develop Web Class IV Students in Subject Theme 4 “Various Jobs” at Plumbungan Elementary School Sidoarjo. The aim is to describe how to develop web. The type of research used by researchers is development.
Using the ADDIE development model. Using five phases, namely analysis (analysis), design (design), development (development), implementation (implementation) and evaluation (evaluation). The results of this media development, researchers can develop a web with theme 4 material for various fourth grade jobs and researchers get validation results from material experts, teacher questionnaire media experts and student questionnaires. The results of the percentage value obtained from media experts are 94% in the "Very Good or Very Decent" category, the results from material experts are 89.6% in the "Good or
Decent" category, the results from the teacher's questionnaire are 100% in the "Very Good" category. or Very Eligible” at the 1-3 meeting, the results of the student
questionnaire at the first meeting were 85.9% in the “Good” category, the results from the student questionnaire at the second meeting were 93.5% in the “Very Good” category , and the results of the student questionnaire at the third meeting were 96.9% in the "Very Good or Very Eligible" category.-Based Interactive Multimedia Web for Class IV Students of Subject Theme 4 "Various Jobs" is feasible to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Web. Learning Media, Interactive Multimedia, Web.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:07
Last Modified: 01 Mar 2024 02:27
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item
View Item