PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF JERA PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI MENGENAL PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS V SDN SUMOKALI CANDI

Assabilah, Ashfa Diniyyah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF JERA PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI MENGENAL PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS V SDN SUMOKALI CANDI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of ASHFA DINIYYAH ASSABILAH - chizu redvelvet.pdf] Text
ASHFA DINIYYAH ASSABILAH - chizu redvelvet.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif JERA pada mata pelajaran PPKn Materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari - hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sumokali Candi. Berdasarkan proses pengembangan hasil validasi dan
pembahasan terhadap media pembelajaran media interaktif JERA pada materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media interaktif JERA dilihat dari penilaian ahli materi yang mendapatkan persentase 81,8% atau termasuk dalam kategori golongan “Sangat Valid” sedangkan penilaian ahli media mendapatkan persentase 80,5% atau termasuk golongan “Valid”. Respon guru dan respon peserta didik juga menjadi bagian dari penelitian. penilaian oleh guru kelas mendapatkan persentase sebesar 75% atau tergolong dalam kategori “ Layak “. Penilaian oleh peserta didik mendapatkan persentase sebesar 82% atau termasuk dalam kategori “ Sangat Layak“.
========================================================================================================================
This study aims to develop JERA interactive media on Civics subjects. Materials for the practice of Pancasila values in everyday life. This type of research is development research that uses the ADDIE learning model. Data collection techniques used in this study were observation and interviews. The subjects of this study were fifth grade students at SDN Sumokali Candi. Based on the process of
developing the results of validation and discussion of the JERA interactive media learning media on the material for practicing Pancasila values in everyday life, it can be concluded that the development of JERA interactive media is seen from the assessment of material experts who get a percentage of 81.8% or is included in the category the "Very Valid" group while the media expert's assessment gets a percentage of 80.5% or belongs to the "Valid" group. Teacher responses and student responses are also part of the research. the assessment by the class teacher gets a percentage of 75% or belongs to the "Eligible" category. Assessment by students gets a percentage of 82% or is included in the "Very Eligible" category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, JERA, Pendidikan kewarganegaraan Interactive learning media, JERA, Civic education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:48
Last Modified: 01 Mar 2024 02:20
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item
View Item