PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER

Anggunningtyas, Shinta (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Shinta Anggunningtyas.pdf] Text
Shinta Anggunningtyas.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran Shopee paylater, 2) mengetahui pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran Shopee paylater, 3) mengetahui pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran Shopee paylater, 4) mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran Shopee paylater.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan alat analisis IBM SPSS 24 untuk mengukur hasil dari kepercayaan, kemudahan, dan persepsi risiko sebagai variabel independent, keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan 95 responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
dengan teknik pengambilan sampel kriteria atau purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kemudahan, dan persepsi risiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater baik secara parsial maupun simultan.
========================================================================================================================
This study aims to 1) knowing the effect of trust on purchasing decisions using the Shopee paylater payment method, 2) knowing the effect of convenience on purchasing decisions using the Shopee paylater payment method, 3) knowing the effect of risk perceptions on purchasing decisions using the Shopee paylater payment method, 4) knowing the effect of trust, convenience, and risk perceptions on purchasing decisions using the Shopee paylater payment method.
The research method used is descriptive quantitative method using IBM SPSS 24 analysis tool to measure the results of trust, easiness, and risk perception as independent variables, purchasing decisions as the dependent variable. The study used descriptive analysis with 95 respondents, namely students of the Faculty of Economics, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo with a criterion sampling technique or purposive sampling.
The results showed that the variables of trust, easiness, and perceived risk have a positive and significant influence on purchasing decisions using the Shopee Paylater payment method, either partially or simultaneously.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Keputusan Pembelian Trust, Easiness, Risk Perception, and Purchasing Decision
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:04
Last Modified: 29 Feb 2024 06:58
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item
View Item