PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN INSENTIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Pemilik UMKM di Kabupaten Sidoarjo)

Wulandari, Windi (2022) PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN INSENTIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Pemilik UMKM di Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of WINDI WULANDARI - Windi Wulandari.pdf] Text
WINDI WULANDARI - Windi Wulandari.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sosialisasi dan pemahaman insentif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada masa pandemi Covid-19 (studi pada pemilik UMKM di Kabupaten Sidoarjo) Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan
alat analisis SPSS kemudian dilakukan perhitungan statistik berupa uji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis ini digunakan alat analisis data berupa uji
asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), analisisregresi berganda, uji koefisien determinasi, uji simultan, uji parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosalisasi Perpajakan dan Pemahaman Insentif Pajak berpengaruh secara simultan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hasil variabel Sosalisasi Perpajakan secara parsial berpengaruh terhadap Kepatuhan
Wajib Pajak, dan juga variabel Pemahaman Insentif Pajak secara parsial berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
========================================================================================================================
This study aims to determine and analyze the effect of socialization and understanding of tax incentives on taxpayer compliance during the Covid-19 pandemic (study on MSME owners in Sidoarjo Regency). The research method used
is a quantitative method using SPSS analysis tools then statistical calculations are carried out in the form of validity and reliability. To test this hypothesis used data
analysis tools in the form of classical assumption test (normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test), multiple regression analysis, coefficient of determination test, simultaneous test, partial test.
The results of the study indicate that the Socialization of Taxation and Understanding of Tax Incentives have a simultaneous effect on Taxpayer Compliance. The results of the Tax Socialization variable partially affect Taxpayer
Compliance, and also the Tax Incentive Understanding variable partially affects Taxpayer Compliance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Pemahaman Insentif Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, UMKM Socialization, Understanding of Tax Incentives, Taxpayer Compliance, MSMEs
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:20
Last Modified: 29 Feb 2024 06:48
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item
View Item