PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI ENSIKLOPEDIA ILUSTRASI FLORA DAN FAUNA YANG ADA DI INDONESIA UNTUK ANAK USIA DINI

Halizah, Siti Nur (2023) PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI ENSIKLOPEDIA ILUSTRASI FLORA DAN FAUNA YANG ADA DI INDONESIA UNTUK ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI_Siti Nur Halizah_22419026 - Siti Nurhalizah.pdf] Text
SKRIPSI_Siti Nur Halizah_22419026 - Siti Nurhalizah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada flashcard ilustrasi flora dan fauna, sebagai pengenalan pada anak usia dini, dengan rentan usia 3-6 tahun untuk meningkatkan motorik anak. Tujuan dari penggunaan flashcard flora dan fauna yaitu untuk pengenalan terkait binatang dan tumbuhan pada anak usia dini, khususnya pada anak usia 3-6 tahun. Flashcard ditampilan dalam bentuk gambar ilustrasi dengan macam-macam warna, sehingga menambah daya tarik anak dalam belajar mengenal flora dan fauna. Penelitian ini menggunakan metode perancangan Desain Komunikasi Visual Umum 2 dengan teknik pengumpulan data primer berupa kuisioner menggunakan metode analisis 5W+1H. Hasil dari penelitian ini adalah membuat media utama berupa 5 seri flashcard berisi 30 kartu dan media kemasan untuk setiap serinya. Adapun media pendukung berupa poster, buku bantal, puzzle, stiker, topi, botol minum, kaos, masker, dan x-banner. Kesimpulan yang dapat diambil dari perancangan ini adalah anak usia dini memiliki masa tumbuh kembang yang begitu pesat, pada masa golden age (usia emas) anak usia dini cenderung berkembang secara kognitif dalam bermain. Flashcard ilustrasi ini dirancang dengan tujuan untuk mengenalkan kekayaan alam terkait dengan flora dan fauna
Indonesia pada anak usia dini.
========================================================================================================================
This research focuses on flashcard illustrations of flora and fauna, as an introduction to early childhood, with a vulnerable age of 3-6 years to improve children's motor skills. Purpose of useflashcard flora and fauna, namely for the introduction of animals and plants in early childhood, especially in children aged 3-6 years.Flashcard displayed in the form of illustrations with various colors, thus
increasing the attractiveness of children in learning about flora and fauna. This study used the General Visual Communication Design 2 design method with primary data collection techniques in the form of a questionnaire using the 5W+1H analysis method. The result of this research is to make the main media in the form of 5 seriesflashcard contains 30 cards and packaging media for each series. The
supporting media are posters, pillow books,puzzle, stickers, hats, drinking bottles, t-shirts, masks, andx-banner. The conclusion that can be drawn from this design is that early childhood has a period of rapid growth and developmentgolden age (golden age) early childhood tends to develop cognitively in play. Flashcard This illustration is designed with the aim of introducing natural resources related to
Indonesian flora and fauna to early childhood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flashcard, Ilustrasi, Flora dan Fauna, Anak usia dini. Flashcard, Illustration, Flora and Fauna, Early Childhood.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:15
Last Modified: 29 Feb 2024 03:56
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item
View Item