PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UMKM ANYAINYO BERBASIS VIDEO MOTION GRAPHIC

Maulana, Mochammad Irham (2023) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UMKM ANYAINYO BERBASIS VIDEO MOTION GRAPHIC. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI_MOCH IRHAM MAULANA_22419017_DKV 2019_PERANCANGAN MEDIA PROMOSI - REKT OFFICIAL-2.pdf] Text
SKRIPSI_MOCH IRHAM MAULANA_22419017_DKV 2019_PERANCANGAN MEDIA PROMOSI - REKT OFFICIAL-2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Anyainyo merupakan sebuah UMKM yang dimiliki oleh ibu Andina
Yuanita yang saat ini berfokus berjualan produk baju anak anak. Anyainyo sendiri sudah memiliki 2 cabang yang terletak di perumahan Mutiara Citra Asri Sidoarjo dan ditempat Taman Pinang Sidoarjo. UMKM Anyainyo memiliki keunikan yaitu 35 Ribu, yang dimana UMKM ini menjual toko baju anak dengan harga relatif murah dari kompetitor sekitarnya. Nama nyainyo sendiri diambil dari nama anak dari pemilik.
Pemilik dari Anyainyo sendiri kurang memperhatikan media promosi pada produknya, oleh karena itu customer maupun stok produk mengalami penurunan pada tahun 2022 dan informasi mengenai UMKM Anyainyo menjadi kurang. Untuk lebih memperkenalkan kepada masyarakat luas khususnya di wilayah
Sidoarjo dibutuhkan media untuk menyampaikan informasi. Dalam hal ini peneliti menggunakan video promosi berbasis motion graphic, karena dengan visual yang menarik dan audio video informasi yang disampaikan lebih mudah dimengerti
serta dapat mendorong keingintahuan tentang UMKM tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode Desain Komunikasi Visual 2 yang bersumber dari safanayong. Adapun tahapannya yaitu riset, analisis, sintesis, tema, strategi komunikasi, value-added, pemilihan media, visualisasi, produksi/finishing.
Setelah perancangan video promosi ini selesai maka dilakukan tahap publikasi yang diunggah melalui media youtube atau media berbasis video lainnya. Perancangan video profil ini diharapkan menjadi upaya mengenalkan UMKM Anyainyo secara luas.
========================================================================================================================
Anyainyo is a micro, small, and medium enterprise (UMKM) owned by Ms. Andina Yuanita, which is currently focused on selling children's clothing products. Anyainyo itself already has 2 branches located in Mutiara Citra Asri housing
complex in Sidoarjo and Taman Pinang in Sidoarjo. Anyainyo UMKM has a uniqueness, which is the price of 35,000 IDR, where this UMKM sells children's clothing at a relatively cheaper price compared to its competitors. The name "Anyainyo" itself is taken from the name of the owner's child.
The owner of Anyainyo itself has not paid much attention to promoting their products through media, therefore both the customers and product inventory have experienced a decline in 2022, and information about Anyainyo UMKM has become scarce. To introduce it more widely to the public, especially in the Sidoarjo region, media is needed to convey the information. In this case, the author utilizes motion graphics-based promotional videos because visually appealing content with audio-video information makes it easier to understand and arouses curiosity about the UMKM.
This study uses the Visual Communication Design 2 method sourced from Safanayong. The stages include research, analysis, synthesis, theme development, communication strategy, value-added, media selection, visualization,
production/finishing. After the design of this promotional video is completed, the publication stage involves uploading it on platforms such as YouTube or other video-based media. The design of this profile video is expected to be an effort to introduce Anyainyo UMKM extensively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motion graphic, promosi, UMKM Anyainyo. motion graphics, promotion, Anyainyo UMKM.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:07
Last Modified: 29 Feb 2024 03:55
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item
View Item