PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE BALANCED SCORECARD DAN ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS

Fauzia, Yunia (2023) PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE BALANCED SCORECARD DAN ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Yunia Fauzia_11419025_Teknik Industri_Pengukuran Kinerja Organisasi - yunia fauzia.pdf] Text
Yunia Fauzia_11419025_Teknik Industri_Pengukuran Kinerja Organisasi - yunia fauzia.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kebutuhan persyaratan jasa pelayanan di bidang Universitas Perguruan Tinggi setiap tahun terus meningkat menyebabkan sebuah lembaga pendidikan melakukan peningkatan kinerja
organisasi, keselarasan tujuan kelompok dan individu dalam organisasi. Untuk menghadapi persaingan tersebut yang semakin ketat tentunya diperlukan suatu metode yang lebih kompetitif. Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo sebagai penyedia jasa pada lembaga pendidikan tentu nya merencanakan peningkatan agar menjadi lebih baik dengan menggunakan alternatif pengukuran kinerja. Pada penelitian ini tentang pengukuran kinerja Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dengan metode BSC (Balanced Scorecard) yang bertujuan untuk menggabungkan antara ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Balance Scorecard merupakan metode penilaian kinerja dengan mempertimbangkan beberapa aspek meliputi 4 (empat) perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, proses pembelajaran dan pertumbuhan. Dari keempat perspektif tersebut dapat mengembangkan kinerja keuangan yang lebih baik, kepuasan stakeholder (mahasiswa dan lulusan) pada perubahan tersebut serta komitmen internal Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo yang menghasilkan visi dan misi lebih baik dimasa mendatang. Tahap selanjutnya menentukan bobot prioritas pada masing-masing indikator menggunakan AHP, dan hasil pembobotan dapat diprioritaskan pada perspektif customers yang di dukung oleh perspektif learning and growth dan proses bisnis internal yang memiliki tujuan untuk mencapai kepuasaan pelanggan sehingga memiliki
dampak pada peningkatan profit dari perspektif financial. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan periode pengamatan pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021, tujuan dilakukan penelitian tersebut dengan mengoptimalisasi manajemen pengolahan agar dapat bersaing dengan universitas negeri maupun swasta. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persaingan di bidang pendidikan seperti kualitas total (total quality), kualitas biaya, kualitas biaya, kualitas layanan, kualitas moral dll. Pada penelitian ini membahas bagaimana menjalankan balance scorecard, terdapat beberapa topik yang dibahas diantara lain yaitu menentukan tujuan strategis, ukuran target, inisiatif, dan mengimplementasikan BSC pada lembaga pendidikan. Dari sistem pengukuran kinerja tersebut dapat menentukan berbagai kebutuhan yang ada dalam mewujudkan suatu peningkatan kinerja pada empat perspektif dalam Balanced Scorecard. Tidak hanya itu tentu saja harus didukung oleh pihak Perguruan Tinggi berupa keterlibatannya dalam pengembangan sistem manajemen strategi.
========================================================================================================================
The need for service requirements in the field of higher education institutions continues to increase from year to year causing an educational institution to improve organizational performance, aligning group and individual goals within the organization. To face the increasingly fierce competition, of course, a more competitive method is needed. Nahdlatul Ulama University Sidoarjo as a service provider to educational institutions, of course, plans to improve it to be better by using alternative performance measurements. In this research, it is about measuring the performance of Nahdlatul Ulama University Sidoarjo using the BSC (Balanced Scorecard) method which aims to combine financial and non-financial performance measures. The Balanced Scorecard is a performance appraisal method by considering several aspects including 4 (four) perspectives, namely finance, customers, internal business processes, learning processes and growth. From these four perspectives can develop better financial performance, stakeholder satisfaction (students and graduates) on these changes and the internal commitment of Nahdlatul Ulama Sidoarjo University which produces a better vision and mission in the future. The next stage determines the priority weight for each indicator using AHP, and the results of the weighting can be prioritized on the customers' perspective which is supported by the learning and growth perspective and internal business processes which have the goal of achieving customer satisfaction so that it has an impact on increasing profits from a financial perspective. The approach to this research uses qualitative research with an observation period in 2019 to 2021, the aim of this research is to optimize processing management so that it can compete with public and private universities. There are several things that need to be considered in competition in the field of education such as total quality, cost quality, cost quality, service quality, moral quality etc. In this study, it discusses how to carry out a balanced scorecard, there are several topics discussed including determining strategic objectives, target sizes, initiatives, and implementing the BSC in educational institutions. From the performance measurement system, it can determine the various needs that exist in realizing an increase in performance in the four perspectives in the Balanced Scorecard. Not only that, of course this must be supported by the University in the form of involvement in the development of a strategic management
system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scored, kinerja keuangan, manajemen pengolahan, total quality, AHP Balanced Scored, financial performance, processing management, total quality, AHP
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:01
Last Modified: 29 Feb 2024 03:25
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item
View Item