PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PEMAHAMAN KONSEP KEKAYAAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TANGGUL WONOAYU

Zelda, Susmita Amelia Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PEMAHAMAN KONSEP KEKAYAAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TANGGUL WONOAYU. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Susmita Amelia Putri Zelda_42419078_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match untuk Pemahaman Konsep Kekayaan Alam Peserta Didik Kelas IV SDN Tanggul Wonoayu - Susmita Amelia Putri Zelda.pdf] Text
Susmita Amelia Putri Zelda_42419078_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match untuk Pemahaman Konsep Kekayaan Alam Peserta Didik Kelas IV SDN Tanggul Wonoayu - Susmita Amelia Putri Zelda.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match unuk pemahaman konsep materi kekayaan alam peserta didik kelas IV SDN Tanggul Wonoayu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pre eksperimen desain yang metode One Group pretest-posttest desain. Hasil analisis data menggunakan bantuan SPSS software 26 for windows. Hasil olah data pretest dan posttest dihitung menggunakan SPSS menunjukan nilai sig 2-tailed yaitu 0,260 dan 0,053. Hasil signifikansi tersebut menunjukan lebih dari 0,05. Hal ini berarti data berdistribusi normal. Oleh karena
itu, uji hipotesis yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,005) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hipotesis menyatakan bahwa ada pengaruh pemahaman konsep materi kekayaan alam antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran make a match. Uji N-Gain diperoleh nilai 56.9085 dengan kategori cukup efektif.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of the make a match learning model for understanding the concept of natural resources material for fourth grade students of SDN Tanggul Wonoayu. This research is included in quantitative research. This quantitative research uses a pre-experimental design that uses the One Group pretest-posttest design method. The results of data analysis using the help of SPSS software 26 for windows. The results of pretest and posttest data processing calculated using SPSS show a 2-tailed sig value of 0.260 and 0.053. The significance results show more than 0.05. This means that the data is normally distributed. Therefore, the hypothesis test used is the paired sample t-test. The results of the paired sample t-test test obtained a significance value of 0.000 (0.000 <0.005) then Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the hypothesis states that there is an effect on understanding the concept of natural resources material between before and after being given the make a match learning model. The N-Gain test obtained a value of 56.9085 with a fairly effective category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, make a match, pemahaman konsep. learning model, make a match, concept understanding
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:07
Last Modified: 29 Feb 2024 03:15
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item