PENGARUH TEKNIK CROSS LINE PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS III SDN SUKOREJO

Cahyani, Welatika (2023) PENGARUH TEKNIK CROSS LINE PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS III SDN SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Welatika Cahyani_42419082_PGDS_Pengaruh Teknik crossline pada hasil belajar matematika materi perkalian kelas III SDN Sukorejo - Welatika Cahyani.pdf] Text
Welatika Cahyani_42419082_PGDS_Pengaruh Teknik crossline pada hasil belajar matematika materi perkalian kelas III SDN Sukorejo - Welatika Cahyani.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan juga bisa dikatakan sebagai proses untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan yang akan menjadi warisan dari satu generasi menuju generasi selanjutnya. Adapun hasil belajar merupakan perubahan pada diri seseorang yang belajar. Perkalian juga merupakan operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lainnya. Perkalian juga merupakan penjumlahan berulang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh teknik cross line pada hasil belajar matematika materi perkalian kelas III SDN Sukorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design tipe one group
pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dengan jumlah 25 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar tes. berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu hasil normalitas memperoleh nilai p = 0,044 ≤ 0,05 pada nilai pretest dan nilai p = 0,053 ≥ 0,05 pada nilai posttest. Hal ini menunjukkan bahwa nilai pretest
tidak berdistribusi normal dan posttest pada hasil belajar perkalian siswa berdistribusi normal. Kemudian uji Wilcoxon dalam penelitian ini diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai sig 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulakan
bahwa hipotesis diterima. Yang artinya teknik cross line berpengaruh pada hasil belajar matematika materi perkalian kelas III SDN Sukorejo.
========================================================================================================================
Education can also be said as a process of acquiring knowledge, skills, and habits that will be inherited from one generation to the next. The learning outcomes are changes in someone who learns. Multiplication is also the mathematical operation of scaling one number with another. Multiplication is also repeated addition. The purpose of this study is to describe the effect of the crossline technique on the results of learning mathematics multiplication material for class III SDN Sukorejo. This type of research is a pre-experimental design type of one group pretest-posttest design. The subjects in this study were class III A students with a total of 25 students.
The data collection technique used was a test sheet. based on the results of processing and analysis of the data collected in this study, namely the normality results obtained a value of p = 0.044 ≤ 0.05 in the pretest value and p value = 0.053 ≥ 0.05 in the posttest value. This shows that the pretest scores are not normally distributed and the posttest on student multiplication learning outcomes is normally distributed. Then the Wilcoxon test in this study obtained the value of Sig. (2-tailed) = 0.000. Because the sig value is 0.000 ≤ 0.05, it can be concluded that the hypothesis is accepted. Which means that the crossline technique has an effect on the results of learning mathematics multiplication material for class III SDN
Sukorejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknik Cross line, Hasil belajar, Perkalian Cross line techniques, Learning Outcomes, Multiplication
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:47
Last Modified: 29 Feb 2024 03:14
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item