Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Siswa Kelas IVB SDN Sidoklumpuk Sidoarjo

Amalia, Viky Rizqy (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Siswa Kelas IVB SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Viky Rizqy Amalia_42419080_Skripsi NEW - 19C_21_ Viky Rizqy Amalia.pdf] Text
Viky Rizqy Amalia_42419080_Skripsi NEW - 19C_21_ Viky Rizqy Amalia.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang minatnya peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Peserta didik masih belum mampu memahami dan menghafal rumus luas dan keliling bangun datar. Siswa sering kali lupa materi yang sudah diajarkan pada pembelajaran sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas IVB SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang dipilih berupa pre experimental
dengan bentuk one group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV B SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Hasil uji coba instrument pada uji validitas terdapat 7 soal valid dan digunakan untuk alat pengumpulan data penelitian. Uji
reliabilitas menggunakan Spearman Brown diperoleh hasil 0,768 < dari 0,80. Dari hasil uji hipotesis penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas IVB SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Hal ini dibuktikan pada hasil uji T yang menunjukkan bahwa nilai sig. 0,041 < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan Ha diterima, yang menyatakan “Ada pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar Matematika siswa materi luas dan keliling bangun datar kelas IV SDN Sidoklumpuk Sidoarjo”. Sedangkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai N-gain adalah 0,92 , kriteria peningkatan hasil belajar nilai N-gain termasuk kriteria tinggi.
========================================================================================================================
This research is motivated by the lack of interest of students in mathematics. Students are still not able to understand and memorize formulas for the area and perimeter of flat shapes. Students often forget material that has been taught in previous lessons. This study aims to determine the significance of the effect of the Index Card Match learning model on students' mathematics learning outcomes in the material Area and Circumference of Flat Shapes Class IVB SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. This research is a quantitative research with the type of experimental research. The research design chosen was a pre-experimental one group pretest posttest design. This research was conducted in class IV B of SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. The test results of the instrument in the validity test contained 7 valid questions and were used for research data collection tools. Reliability test using Spearman Brown obtained results of 0.768 <0.80. From the results of the research hypothesis test, there is an effect of the Index Card Match learning model on students' mathematics learning outcomes in the material Area and Circumference of Flat Shapes Class IVB SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. This is evidenced in the results of the T test which shows that the sig. 0.041 <0.05. So that it can be stated that Ha is accepted, which states "There is an effect of the Index Card Match learning model on the mathematics learning outcomes of students on area material and flat shapes around class IV SDN Sidoklumpuk Sidoarjo". While the results of the calculation obtained an average N-gain value of 0.92, the criterion for increasing learning outcomes for the N-gain value was included in the high criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran ICM, Matematika Learning Outcomes, ICM Learning Model, Mathematics
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:30
Last Modified: 29 Feb 2024 03:13
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item