PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Amalina, Roshidah (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI ROSHIDAH AMALINA.pdf] Text
SKRIPSI ROSHIDAH AMALINA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena beberapa kendala yang terjadi pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Pertama karena dampak Covid-19 yang sangat berpengaruh dalam berlangsungnya belajar mengajar, kedua kurangnya perhatian
dan bimbingan dari orang sekitar, ketiga siswa masih dalam tahap permulaan dalam belajar menulis tegak bersambung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan lembar kerja siswa menulis tegak bersambung pada pelajaran bahasa Indonesia. Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. LKS yang telah dikembangkan, kemudian dilakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 95%, sedangkan validasi dari ahli media memperoleh persentase 88%. Penelitian dilakukan sampai tahap implementasi yang dilakukan di kelas II SDN Randegan yang melibatkan siswa dan guru kelas. Hasil respon siswa memperoleh 74% dan hasil respon guru memperoleh 97%. Dengan demikian media pembelajaran pengembangan lembar kerja siswa dalam pembelajaran menulis tegak bersambung pada kelas II Sekolah Dasar layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
========================================================================================================================
This research is motivated by several obstacles that occur in grade II elementary school students. First, because of the impact of Covid-19 which is very influential in teaching and learning, secondly, the lack of attention and guidance from people around, the three students are still in the early stages of learning to write cursive. The purpose of this study was to determine how appropriate the development of student worksheets in cursive writing in Indonesian lessons was. The model used in this study uses the ADDIE development model which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The media that has been developed is then validated by material experts and media experts. The validation results from material experts obtained a percentage of 95%, while the validation from media experts obtained a percentage of 88%. The research was carried out until the implementation stage which was carried out in class II SDN Randegan involving students and class teachers. The results of student responses get 74% and the results of teacher responses get 97%. Thus the learning media for developing student worksheets in learning to write cursive in grade II Elementary School is feasible to be used in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: LKS, Menulis, Tegak Bersambung LKS, Writing, Upright Continuous.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:54
Last Modified: 29 Feb 2024 03:04
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item
View Item