Widyani, Rizka Amalia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINICU (MINIATUR CUACA) MATERI CUACA DAN DENAH ARAH MATA ANGIN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SDN SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
SKRIPSI RIZKA AMALIA WIDYANI_compressed - Rizka Amalia.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MINICU (Miniatur Cuaca) pada materi cuaca dan denah arah mata angin untuk peserta didik kelas III A SDN Sukorejo. Media MINICU adalah singkatan dari miniatur cuaca media ini termasuk kedalam media visual 3 dimensi karena media ini adalah miniatur denah yang terdapat puzzle 3 dimensi dan terdapat gambar-gambar cuaca. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan lembar kuisioner (angket), angket ditujukan untuk validator materi dan media serta untuk mengetahui respon guru dan peserta didik. Hasil dari validasi oleh ahli materi memperoleh skor 91,42% yang termasuk kedalam kategori “sangat valid”. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran, media MINICU dinyatakan “sangat valid” dengan total skor 85,71%. Sedangkan hasil dari respon peserta didik media MINICU memperoleh skor 96% dari 20 peserta didik kelas III A SDN Sukorejo sedangkan hasil dari respon guru media MINICU mendapat skor 94%. Dengan demikian media pembelajaran MINICU yang telah dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cuaca dan denah arah mata angin.
========================================================================================================================
This study aims to develop MINICU (Miniature Weather) learning media on weather material and cardinal directions for students of class III A SDN Sukorejo. MINICU media stands for miniature weather this media is included in 3-dimensional visual media because this media is a miniature floor plan that has a 3-dimensional puzzle and there are pictures of the weather. This research is a type of development research with the ADDIE model (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). This research instrument uses observation sheets, interview sheets and questionnaire sheets, questionnaires aimed at material and media validators and to find out the responses of teachers
and students. The results of validation by material experts obtained a score of 91.42% which was included in the "very valid" category. The results of validation by learning media experts, MINICU media were declared "very valid" with a total score of 85.71%. While the results of the MINICU media student response obtained a score of 96% from 20 students of class III A SDN Sukorejo while the results of the MINICU media teacher response scored 94%. Thus, the MINICU learning media that has been developed by researchers is very feasible to use in the Indonesian language learning process on weather material and cardinal directions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, MINICU, Cuaca dan Denah Arah Mata Angin Learning Media, MINICU, Weather and Wind Direction Plan |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 08:44 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 04:39 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/207 |