MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SDN LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO

Bahiyah, Khoridatul (2023) MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SDN LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI KHORIDATUL B. - khoridatul bahiyah.pdf] Text
SKRIPSI KHORIDATUL B. - khoridatul bahiyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dari keluarga broken home, mengetahui dampak keluarga broken home terhadap siswa, dan untuk mendeskripsikan upaya motivasi belajar siswa SDN Lemahputro 1 Sidoarjo. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan berupa pedoman wawancara dan angket yang sudah divalidasi sebelumnya. Teknik analisa
data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa informasi yang didapat dari guru dan 7 siswa yang berasal dari keluarga broken home. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa: Broken home sangat berpengaruh dalam motivasi belajar siswa. Pola asuh anak dalam keluarga juga mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa. Salah satu hal yang perlu membangkitkan semangat belajar adalah dengan adanya dorongan
motivasi. Upaya guru dalam meningkatan motivasi belajar siswa dari keluarga broken home melalui memberi waktu tambahan untuk belajar setelah sekolah dan melakukan pendekatan dengan siswa, dengan cara memberikan perhatian dan dorongan kepada siswa agar lebih giat untuk belajar.
========================================================================================================================
This study aims to determine the learning motivation of students from the family broken home, knowing the impact of broken home families on students, and for the learning motivation efforts of SDN Lemahputro 1 Sidoarjo students.
Type this research is a qualitative research. This research was conducted at SDN Lemahputro 1 Sidoarjo. The data collection method used is interviews and questionnaires. The instrument used to collect is in the form of previously validated interview guidelines and questionnaires. analysis technique data using data reduction, data display, and verification. Based on the results research it can be concluded that the information obtained from teachers and 7 students who comes from a broken home family. The results of the study also explain that: Broken home is very influential in student learning motivation. Parenting style in the family also affects the level of student learning motivation. One thing What needs to be aroused in learning is encouragement motivation. Efforts of teachers in increasing student motivation from the family broken home through giving extra time to study after school and Approach students by giving attention and encouragement to students
to be more active in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, broken home. Motivation to learn, broken home.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:37
Last Modified: 29 Feb 2024 03:09
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item
View Item