RamJane, Kholifa Umaroh (2023) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN KETAJEN 2. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
SKRIPSI KHOL - 19A_11_Kholifa Umaroh Ramjane.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SDN Ketajen 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre
eksperimen dengan tipe intact-group comparison. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III A dengan jumlah 27 siswa, 14 siswa sebagai kelas eksperimen dan 13 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu hasil normalitas memperoleh nilai p
= 0,133 ≥ 0,05 pada kelas eksperimen dan nilai p = 0,978 ≥ 0,05 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa nilai posttest siswa dari kedua kelas (eksperimen dan kontrol) pada keterampilan berhitung perkalian siswa berdistribusi normal. Kemudian hasil uji homogenitas variansi populasi, diperoleh nilai sig. = 0,187 ≥ 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variansi populasi berasal dari populasi yang sama (homogen). Selanjutnya, uji Independent Sampel T-Test dalam penelitian ini diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ 0,05. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sampel T-test, dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung
perkalian siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SDN Ketajen 2 Sidoarjo.
========================================================================================================================
The purpose of this study was to determine the effect of using the jarimatics method on students' multiplication counting skills in mathematics learning in class III SDN
Ketajen 2. This type of research was pre-experimental research with intact-group comparison type. The subjects in this study were class III A students with a total of 27 students, 14 students as the experimental class and 13 students as the control class. Data collection techniques used are observation and test sheets. Based on the results of processing and analysis of the data collected in this study, namely the normality results obtained a value of p = 0.133 ≥ 0.05 in the experimental class and a value of p = 0.978 ≥ 0.05 in the control class. This shows that the posttest scores of students from both classes (experimental and control) on students' multiplication arithmetic skills are normally distributed. Then the results of the population
variance homogeneity test, the sig value was obtained. = 0.187 ≥ 0.05. So it can be concluded that the population variance comes from the same (homogeneous) population. Furthermore, the Independent Sample T-Test test in this study obtained a Sig value. (2-tailed) = 0.000 ≤ 0.05. Then according to the basis of decision making in the Independent Sample T-test, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant effect of the use of the jarimatics method on students' multiplication counting skills in mathematics learning in class III SDN Ketajen 2 Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode jarimatika, Keterampilan berhitung, Sekolah Dasar Jarimatika method, numeracy skills, Elementary School |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 08:29 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 03:09 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/205 |