PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS V DI MI ANNAHDLIYIN BUDURAN SIDOARJO

Erlin (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS V DI MI ANNAHDLIYIN BUDURAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Skripsi Erlin PGSD'18A - ERLIN.pdf] Text
Skripsi Erlin PGSD'18A - ERLIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kurangnya variasi metode dalam pembelajaran mengakibatkan
menurunnya hasil belajar sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar PPKn di kelas 5. Dalam penelitian ini menggunakan tipe Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 MI Annahdliyin yang terdiri dari 40 peserta didik. Data penelitian kemudian di uji prasyarat dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar kelas 5. Hasil rata-rata nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan pada kelas eksperimen sebesar 100, 73 dan 73 sedangkan nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan pada kelas kontrol sebesar 83, 69, 70. Dan untuk pengujian hipotesis diperoleh hasil uji hipotesis output SPSS yaitu 0,014 dan 0,035 < 0,05 yang artinya penerapan metode pembelajaran Gallery Walk dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas V di MI Annahdliyin.
========================================================================================================================
The lack of variation in methods in learning results in a decrease in learning outcomes so that learning objectives cannot be achieved properly. This study aims to determine the influence of the Gallery Walk learning method on ppkn learning outcomes in grade 5. In this study using the Pretest-Posttest Non�Equivalent Control Group Design type. The population in this study was grade 5 MI Annahdliyin learners consisting of 40 learners. The research data were then tested with normality tests, homogeneity tests and hypothesis tests to find out whether there was an influence of the Gallery Walk learning method on grade 5 learning outcomes. The average results of the value of knowledge, attitudes and skills in the experimental class were 100, 73 and 73 while the value of knowledge, attitudes and skills in the control class was 83, 69, 70. And for hypothesis testing, the results of the SPSS output hypothesis test were obtained, namely 0.014 and 0.035 < 0.05, which means that the application of the Gallery Walk learning method can affect the learning outcomes of class V students at MI Annahdliyin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Gallery Walk, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Hasil Belajar Learning Methods, Gallery Walk, Pancasila and Civic Education, Learning Outcomes
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:08
Last Modified: 29 Feb 2024 03:06
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item