PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI KELUARGAKU UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Burhanuddin, Moch (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI KELUARGAKU UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Skripsi Burhan Wisudah Fix. new - Burhan Nutdz.pdf] Text
Skripsi Burhan Wisudah Fix. new - Burhan Nutdz.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban serta peran anggota keluarga siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian
pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Namun dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan sampai tahap development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar angket validasi. Dalam penelitian ini ada dua validator yang menilai media Pop Up Book yang dikembangkan, yakni validator ahli media dan validator ahli materi. Hasil penilaian oleh validator ahli media adalah 82 % dan termasuk pada kategori valid. Sedangkan penilaian oleh validator ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 86 % sehingga dengan hasil ini dapat disimpulkan media valid dan dapat digunakan. Bedasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran materi keluargaku pada kelas IV sekolah dasar.
========================================================================================================================
This study aims to describe the process of developing Pop Up Book media in Civics learning on rights and obligations and the roles of family members in grade4 elementary school students. This research includes development research using the ADDIE model. However, in this study the researchers only used it until the development stage. The data collection technique used was a validation questionnaire while the research instrument was a validation questionnaire. In this
study there were two validators who assessed the pop-up book media developed, namely the media expert validator and the material expert validator. The results of the assessment by the media expert validator were 82% and included in the valid category. While the assessment by the material expert validator gets an average score of 86% so that with these results it can be concluded that the media is valid and can be used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Pop Up Book, Instructional Media, Pop Up Book
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:03
Last Modified: 29 Feb 2024 03:06
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item