PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK KOMPONEN EKOSISTEM (KOKOSIS) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGINGAS

Syaria, Siti (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK KOMPONEN EKOSISTEM (KOKOSIS) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGINGAS. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Siti Syaria_42419077_Pengaruh Media Pembelajaran KOKOSIS - Siti Syaria.pdf] Text
Siti Syaria_42419077_Pengaruh Media Pembelajaran KOKOSIS - Siti Syaria.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi eksperimental design, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk melatih keterampilan berpikir kritis Peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yanng melibatkan dua kelas
sebagai Quais Eksperimen. Prosedur pelaksanaan meliputi tes awal (pretest) dan tes akhir (postes). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Ngingas yang berjumlah 68 peserta didik dengan kelas V A sebagai kelas
eksperimen berjumlah 34 peserta didik dan kelas V B sebagai kelas kontrol berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data lembar tes. Instrumen tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pesrta didik dalam belajar menggunakan pre-test dan post-test. Validitas instrumen tes menggunakan pearson correlation dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan t-test, yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes uraian yang terdiri dari 10 butir soal pretest-posttest yang telah divalidasi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran kotak komponen ekosistem. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney Posttest kelas ekspriemen dan kelas kontrol terlihat bahwa pada kolom Exact. Sig. (2tailed) bernilai 0,001 <0,05. Karena nilai 0,001 <0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran kotak komponen ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN Ngingas.
========================================================================================================================
This research is a quantitative research, the type of research used is experimental research with a quasi experimental design, while the research design uses a Nonequivalent Control Group Design. This study aims to determine the effect of the Ecosystem Component Box (KOKOSIS) media to train critical thinking skills for fifth grade elementary school students. This type of research is
an experiment involving two classes as Experimental Quais. The implementation procedure includes an initial test (pretest) and a posttest (posttest). The study population was all students of class V SDN Ngingas totaling 68 students with class VA as the experimental class totaling 34 students and class 5 B as the control class totaling 34 students. Test sheet data collection techniques. The test instrument for measuring students' critical thinking skills in learning uses the pre�test and post-test. The validity of the test instrument uses the Pearson correlation and reliability. The data analysis technique used the t-test, whose homogeneity
and normality had previously been known. The technique used in sampling was purposive sampling. The instrument used to collect data was in the form of essay test questions which consisted of 10 previously validated pretest-posttest items.
The results showed that there was an influence of the ecosystem component box learning media. Based on the hypothesis test using the Mann Whitney Posttest test for the experimental class and the control class, it can be seen that in the Exact column. Sig. (2tailed) is 0.001 <0.05. Because the value of 0.001 <0.05, it can be concluded that there is a difference between the experimental class that was given treatment and the control class that was not given treatment and Ha was accepted, which means that there is an effect of using learning media box components of the ecosystem to train the critical thinking skills of class V students at Ngingas Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran KOKOSIS, keterampilan bepikir kritis KOKOSIS Learning Media, critical thinking skills
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:57
Last Modified: 29 Feb 2024 03:05
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item
View Item