PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LABA-LABA BERHITUNG (LABE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SDN KEDUNGSUMUR I

Tiara, Sisilia (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LABA-LABA BERHITUNG (LABE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SDN KEDUNGSUMUR I. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Sisilia Tiara_42419075_PGSD_Pengaruh Penggunaan Media Laba-laba Berhitung (Labe) Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I SDN Kedungsumur 1. - Sisilia Tiara.pdf] Text
Sisilia Tiara_42419075_PGSD_Pengaruh Penggunaan Media Laba-laba Berhitung (Labe) Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I SDN Kedungsumur 1. - Sisilia Tiara.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang membahas tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran laba-laba berhitung (Labe) terhadap pemahaman konsep penjumlahan pada mata pelajaran matematika kelas I, ini dilatar belakang pada umumnya peserta didik sekolah dasar masih gemar bermain. Menurut pandangan peserta didik, bermain dan belajar adalah sesuatu yang berbeda dan bertolak
belakang, bermain membuat peseta didik merasa senang sedangkan belajar adalah sesuatu yang berbeda dan bertolak belakang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media labe terhadap pemahaman konsep penjumlahan pada mata pelajaran matematika kelas I SDN Kedungsumur 1. Hasil perhitungan N-Gain di atas mendapatkan bahwa rata rata skor N-Gain yang diperoleh adalah 78,87%. Nilai tersebut termasuk kategori tinggi dengan indeks 0,70 < < g > < 1,00. Hal tersebut berarti media labe dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan pada mata pelajaran matematika kelas I SDN Kedungsumur 1, Sedangkan hasil perhitungan uji nonparametric Wilcoxon mendapatkan hasil Mean rank atau rata-rata peningkatan tersebut ialah 14,50. Jumlah peningkatan atau sum of ranks adalah 406,00 sehingga 28 peserta didik mengalami peningkatan dalam pembelajaran matematika menggunakan media labe.
========================================================================================================================
This thesis which discusses the effect of using counting spider learning media (Labe) on understanding the concept of addition in class I mathematics, this is due to the background that in general elementary school students still like to play. In the view of students, playing and learning are something different and contradictory, playing makes students feel happy while learning is something different and contradictory. The purpose of this study was to describe the effect of labe media on understanding the concept of addition in math class I at Kedungsumur 1 Elementary School. The results of the N-Gain calculation above found that the average N-Gain score obtained was 78.87%. This value is included in the high category with an index of 0.70 < <g> <1.00. This means that the labe media can improve the understanding of the concept of addition in class I mathematics at Kedungsumur 1 Elementary School, while the results of the Wilcoxon nonparametric test calculations get the Mean rank result or the average increase is 14.50. The number of increases or sum of ranks is 406.00 so that 28 students experience an increase in learning mathematics using label media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran Labe, Pemahaman Konsep Penjumlahan Key words : Labe Learning Media, Understanding the concept of addition
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:43
Last Modified: 29 Feb 2024 03:01
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item