ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN BLIGO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

Dwiranti, Sindi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN BLIGO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Sindi Dwiranti_D24180157_PGSD_Analisis Literasi Numerasi - Sindi Dwi.pdf] Text
Sindi Dwiranti_D24180157_PGSD_Analisis Literasi Numerasi - Sindi Dwi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V dalam menyelesaikan soal cerita pecahan yang terdiri dari 8 soal pernyataan dan diuraikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Bligo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil dari analisis tes kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V di SDN Bligo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo dalam menyelesaikan soal cerita masih tergolong dalam kategori tidak mampu. Dari 23 peserta didik yang mengikuti tes kemampuan literasi numerasi, 43% peserta didik tergolong pada kategori tidak mampu, 27% cukup, dan 30% mampu. Ada pun kendala yang menyebabkan rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V dalam menyelesaikan soal cerita seperti; peserta didik kurang menguasai materi yang
diujikan, mengarang jawaban, tidak percaya diri dengan jawabannya sendiri dan akhirnya mencontoh jawaban dari temannya, dan ada yang tidak bisa membaca.
========================================================================================================================
This study aims to analyze the numeracy literacy skills of fifth grade students in solving fractional word problems which consist of 8 statement questions and are described. This type of research is qualitative. Data collection techniques used in this study are test techniques, interviews and documentation. The subjects in this study were fifth grade students at SDN Bligo, Candi, Sidoarjo. Based on the results of the analysis of the numeracy literacy test for fifth grade students at SDN Bligo, Candi, Sidoarjo, in solving word problems they were still in the
incapacitated category. Of the 23 students who took the numeracy literacy ability test, 43% had abilities in the incapacitated category, 27% had abilities in the moderately capable category, and 30% had abilities in the capable category. There are also obstacles that cause low numeracy literacy skills of fifth grade students in solving word problems such as; students lack mastery of the material being tested, make up answers, are not confident in their own answers and finally imitate answers from their friends, and some can’t read.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi numerasi, soal cerita pecahan Numerical literacy skills, fraction word problems
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:32
Last Modified: 29 Feb 2024 02:38
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item
View Item