PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AQUASCAPE KOMPONEN EKOSISTEM BIOTIK DAN ABIOTIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SDN BORO

Setyorini, Ria Ayu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AQUASCAPE KOMPONEN EKOSISTEM BIOTIK DAN ABIOTIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SDN BORO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of RIA AYU SETYORINI_42419068_PGSD_PENGEMBANGAN AQUASCAPEE - 19A_15_Ria Ayu Setyorini.pdf] Text
RIA AYU SETYORINI_42419068_PGSD_PENGEMBANGAN AQUASCAPEE - 19A_15_Ria Ayu Setyorini.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kebutuhan peserta didik yang membutuhkan sebuah media pembelajaran baru untuk lebih memotivasi dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran komponen ekosistem biotik dan abiotik pada mata pelajaran IPA kelas V SD. Peneliti harus mempertimbangkan permasalahan yang terjadi pada peserta didik, dengan demikian peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran AQUASCAPE pada mata pelajaran IPA materi komponen ekosistem biotik dan abiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media AQUASCAPE dalam pembelajaran IPA kelas V materi komponen ekosistem biotik dan abiotik. Dengan adanya media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti, diharapkan peserta didik lebih tertarik dan bergairah pada saat pembelajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti yakni Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pada penelitian ini peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli media terhadap media pembelajaran AQUASCAPE komponen
ekosistem biotik dan abiotik yang dikembangkan oleh peneliti mendapatkan skor 93% yang atinya “Sangat Valid”. Hasil validasi materi terhadap manual book yang dikembangkan oleh peneliti mendapatkan skor 90% yang artinya “Sangat Valid”. Hasil Respon Guru terhadap media dan materi yang telah dikembangkan oleh peneliti mendapatkan skor 96% yang artinya “Sangat Baik”. Hal itu menunjukkan bahwa media AQUASCAPE komponen ekosistem biotik dan abiotik sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
========================================================================================================================
This research was motivated by the needs of students who needed a new learning media to further motivate and facilitate students in understanding learning material for biotic and abiotic ecosystem components in science subjects for class V SD. Researchers must consider the problems that occur in students, thus researchers want to develop AQUASCAPE learning media in natural science subjects material for biotic and abiotic ecosystem components. This study aims to develop AQUASCAPE media in science learning class V on the components of biotic and abiotic ecosystems. With the learning media that has been developed by researchers, it is hoped that students will be more interested and enthusiastic during learning. The research was conducted using development research methods using the ADDIE research model. The stages carried out by researchers
are Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. In this study, researchers used data collection techniques in the form of interviews and questionnaires. The data analysis technique in this study is descriptive and
quantitative analysis. The results of media expert validation of the AQUASCAPE learning media components of the biotic and abiotic ecosystem developed by researchers obtained a score of 93% which means "Very Valid". The results of the material validation of the manual book developed by the researcher obtained a score of 90%, which means "Very Valid". The results of the teacher's response to
the media and materials that have been developed by researchers get a score of 96% which means "Very Good". This shows that AQUASCAPE media components of biotic and abiotic ecosystems are very suitable for use in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, AQUASCAPE komponen ekosistem biotik dan abiotik Learning media, AQUASCAPE components of biotic and abiotic ecosystems
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:43
Last Modified: 29 Feb 2024 02:34
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item
View Item