PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I DI SDN SUKOREJO SIDOARJO

Rakhmawati, Lailatul Bunga (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I DI SDN SUKOREJO SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of REVISI skripsi-fiks (1) - Lailatulbungaaa Rahmawatiii.pdf] Text
REVISI skripsi-fiks (1) - Lailatulbungaaa Rahmawatiii.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan membaca permulaan adalah melatih dan mengembangkan peserta didik untuk mengetahui cara membaca dengan benar, melatih mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengenal huruf dalam memahami kata dengan baik. Media roda pintar adalah media yang berbentuk lingkaran yang dapat diputar
menjadi beberapa bagian dalam penggunaannya melibatkan peserta didik. Diroda pintar ada papan pertama yang berisi huruf vokal, papan kedua ada huruf konsonan, dan papan ketiga ada suku kata. Hasil belajar adalah perubahan pada diri seseorang yang sedang belajar, hasil belajar berupa pengetahuan, sikap, keterampilan dan kecakapan. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimen dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Sedangkan sampel yang digunakan semua siswa kelas IA dengan jumlah 28 terdiri dari 11 perempuan dan 17 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, untuk uji coba instrument menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, sedangkan pada analisis data menggunakan uji normalitas dengan SPSS uji Kolmogorov-Smairnov Shapiro Wik, selain itu ada uji hipotesis dan uji T dengan SPSS Paired Samplet-Test. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis memperoleh nilai pretest 0,010 > 0,05 sedangkan nilai posttest 0,012 > 0,05. Pada hasil paired sample t-test diperoleh nilai sig 0,000 < lebih kecil 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar bahasa indonesia terhadap membaca permulaan dikelas I SDN Sukorejo Sidoarjo.
========================================================================================================================
The purpose of early reading is to train and develop the students to know how to read correctly, train to develop students' ability to recognize letters in understanding words properly. Smart wheel media is a circle-shaped media that can be rotated into several parts in its use involving students. In the smart wheel there is a first board that contains vowels, the second board has consonants, and the third board has syllables. Learning outcome is changes in a person who is learning, learning outcomes such as knowledge, attitudes, skills and abilities. This study used the Pre-experiment method with the One Group Pretest-Posttest Design
model. While the sample used was all IA class students with a total of 28 consisting of 11 girls and 17 boys. Data collection techniques using tests, for instrument trials
using validity tests, reliability tests, while in data analysis using normality tests with SPSS Kolmogorov-Smairnov Shapiro Wik test, besides that there are hypothesis tests and T tests with SPSS Paired Samplet-Test. Based on the results of processing and analysis, the pretest value is 0.010> 0.05 while the posttest value is 0.012> 0.05. In the paired sample t-test results obtained a sig value of 0.000 < smaller than 0.05. So it can be concluded that there is an effect of Indonesian learning outcomes on early reading in class I SDN Sukorejo Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Membaca permulaan, Media roda pintar, Hasil penelitian Early reading, Smart wheel media, Research results
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:37
Last Modified: 29 Feb 2024 02:33
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item
View Item