EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD

Nuroini (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of NUROINI_D24180023_PGSD_EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL_PLAGIASI - Nuroini.pdf] Text
NUROINI_D24180023_PGSD_EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL_PLAGIASI - Nuroini.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Cooperatif Script terhadap keterampilan menyimak pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1 di sekolah MI Ma’arif Kragan. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksperimen dengan tipe Quasi-eksperimental. Peneliti menggunakan desain Pretes-posttes Control Group Design (dua kelompok tes awal-tes akhir). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 pada tahun pelajaran 2021/2022, terdiri dua kelas yaitu kelas 1A sebanyak 20 peserta didik dan 1B berjumlah 20 peserta didik. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kedua kelas total sampling 40
peserta didik. Kemudian dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan pengajuan hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tes normalitas pada nilai signifikansi pretes ekperimen 0,03, pada posstes eksperimen hasil signifikan 0,026. Pada nilai homogeny nilai signifikan menunjukan 0,059 dikatakan signifikan karna
lebih dari 0,05. Data penelitian ini tidak berdistribusi normal sehingga menggunakan uji Mann Whitney, hasil analisis perhitungan menggunakan program SPSS pada uji Manny Whitney nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dan menggunakan
model ceramah kelas 1SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Script, Keterampialn Menyimak, Bahasa Indonesia. Cooperative Script, Listening Skills, Indonesian.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:05
Last Modified: 29 Feb 2024 02:29
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item