PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN KALISAMPURNO 3 TANGGULANGIN

Fitriah, Nur A’ida (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN KALISAMPURNO 3 TANGGULANGIN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Nur A'ida Fitriah_42419062_Pengaruh Model Pembelaj_230810_150134 - 19B_16_Nur A'ida Fitriah.pdf] Text
Nur A'ida Fitriah_42419062_Pengaruh Model Pembelaj_230810_150134 - 19B_16_Nur A'ida Fitriah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran example non example terhapa hasil belajar siswa kelas IV materi bangun datar segi empat. Adapun yang melatarbelakangi penilitian ini adalah dikarenakan hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa matematika materi bangun datar segi empat siswa kelas IV SDN Kalisampurno 3 Tanggulangin. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif pre eksperimen design dengan menggunakan metode one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran example non example dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Kalisampurno 3. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang
diperoleh menunjukkan rata-rata hasil belajar sebelumnya 60 menjadi 78 dengan standar deviasi yang semula 17,550 menjadi 5,017. Kemudian untuk nilai keefektifan penggunaan model pembelajaran hasil perhitungan uji N-Gain persen menunjukkan bahwa nilai nilai mean 58,5495 yang berada pada persentase 56-75 dengan kategori cukup efektif. Uji hipotesis yang diperoleh dari hasil signifikan 0,05 yaitu 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis menyatakan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkannya model pembelajaran example non example.
========================================================================================================================
This thesis discusses the influence of the example non example learning type on the learning outcomes of grade IV students rectangular flat building material. The background of this research is because students' mathematics learning outcomes are still relatively low. The purpose of this study was to determine the effect of the example non example learning type on the learning outcomes of mathematics students of rectangular flat building material for grade IV students of SDN Kalisampurno 3 Tanggulangin. This research is included in quantitative pre�experimental design research using the one group pretest-posttest design method.
The results showed that the application of the example non example learning type can have a significant influence on the mathematics learning outcomes of gradeIV students of SDN Kalisampurno 3. This is evidenced by the results of the t test obtained showing the average learning outcomes previously 60 to 78 with a standard deviation from 17.550 to 5.017. Then for the effectiveness value of using the learning type, the calculation results of the N-Gain percent test show that the mean value of 58.5495 which is at a percentage of 56-75 with the category is quite effective. Test the hypothesis obtained from a significant result of 0.05 which is 0.000 which is 0.000 < 0.05. This means that the hypothesis states that there is an increase in mathematics learning outcomes after the application of the example non example learning type.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Example non example, hasil belajar, bangun datar Example non example, learning outcomes, flat build
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:42
Last Modified: 29 Feb 2024 02:23
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item
View Item