PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR MATEMATIKA (PAPINKA) MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS II SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO MENGGUNAKAN MODEL ADDIE

Munawaroh, Nif’atul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR MATEMATIKA (PAPINKA) MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS II SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO MENGGUNAKAN MODEL ADDIE. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Nif'atul Munawaroh_ 42419058_PGSD_ Pengembangan Media Papan Pintar Matematika (Papinka) Materi Perkalian dan Pembagian Di Kelas II SDN Sidoklumpuk Sidoarjo Menggunakan Model ADDIE_compressed - Nif'atul Munawaroh.pdf] Text
Nif'atul Munawaroh_ 42419058_PGSD_ Pengembangan Media Papan Pintar Matematika (Papinka) Materi Perkalian dan Pembagian Di Kelas II SDN Sidoklumpuk Sidoarjo Menggunakan Model ADDIE_compressed - Nif'atul Munawaroh.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media papan pintar matematika (papinka) pada materi perkalian dan pembagian di kelas II SDN Sidoklumpuk Sidoarjo Menggunakan Model ADDIE. Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas II mengalami kesulitan dalam berhitung penjumlahan berulang dan konsep perkalian. Di kelas tersebut hanya tersedia media berupa poster perkalian yang tulisannya kecil yang tertempel
di dinding. Sehingga media tersebut kurang dapat dimanfaatkan oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri
dari Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Peneliti menganalisis kompetensi, karakteristik siswa, dan materi. Kemudian menyusun desain media, RPP, dan asesmen. Mengembangkan media dan menghitung kevalidan media papinka yang dilihat dari validasi oleh ahli materi dan ahli media. Validasi RPP I memperoleh hasil 89,2% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi dan validasi II memperoleh hasil 92,8% dengan kategori sangat valid dan
dapat digunakan tanpa revisi. Validasi LKPD I memperoleh hasil 90,9% dengan kategori sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi dan validasi II memperoleh hasil 93,1% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.
Validasi LP I memperoleh hasil 82,1% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi II mendapatkan hasil 92,8% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi materi pada media memperoleh hasil 86,1% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Validasi media memperoleh hasil 96,1% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan media papinka dilihat dari angket
respon siswa dan guru. Diperoleh rata-rata sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Angket respon guru mendapatkan hasil 100% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penilaian yang diberikan oleh validator dan juga respon siswa dan guru adalah media papinka layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian di kelas II SD.
========================================================================================================================
The purpose of this study is to describe the process and results of developing mathematical smart board media (papinka) on multiplication and division material in grade II SDN Sidoklumpuk Sidoarjo Using the ADDIE Model. The background of this study is that grade II students have difficulty in counting, repeated addition, and multiplication concepts. In the class, there is only media in the form of multiplication posters with small writing attached to the wall. So that the media is less usable by students. This type of research is development research with the ADDIE model consisting of Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Researchers analyze competencies, student characteristics, and material. Then compile media design, RPP, and assessment. Develop media and calculate the
validity of papinka media as seen from validation by material experts and media experts.The first RPP validation obtained a result of 89.2% with a very valid category and can be used without revision and the second validation obtained a result of 92.8% with a very valid category and can be used without revision. The first LKPD validation obtained a result of 90.9% with a very valid category, it can be used without revision and the second validation obtained a result of 93.1% with a very valid category and can be used without revision. The first LP validation obtained a result of 82.1% with a very valid category and can be used without revision. The second validation gets a result of 92.8% with the category very valid and can be used without revision. Material validation on the media obtained
86.1% results with a very valid category and can be used without revision. Media validation obtained a result of 96.1% with a very valid category and can be used without revision. The practicality of papinka media can be seen from the questionnaire of student and teacher responses. Obtained on average by 94% with kaegori is very practical. Teacher response questionnaire received 100% results in the very practical category. The conclusion of the assessment given by validators and also the responses of students and teachers is that papinka media is suitable for use in learning mathematics multiplication and division material in grade II elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Papinka, perkalian dan pembagian, Model ADDIE, pengembangan. Papinka media, multiplication and division, ADDIE model, development.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:12
Last Modified: 29 Feb 2024 02:20
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item
View Item