PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SDN PILANG 1 SIDOARJO

Mundzir, Muhammad (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SDN PILANG 1 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of muhammad mundzir_d24180107_pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPA materi sumber energi kelas IV sdn pilang 1 - 2018B_01_ Muhammad mundzir-1.pdf] Text
muhammad mundzir_d24180107_pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPA materi sumber energi kelas IV sdn pilang 1 - 2018B_01_ Muhammad mundzir-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada peserta didik dan belum menggunakan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPA materi sumber energi kelas IV SDN Pilang 1 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre experimental design jenis one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah peserta didik sekolah dasar kelas lV SDN Pilang 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan test. Analisis data menggunakan uji T berpasangan
(paired sample) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah pembelajaran IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pilang 1 diperoleh hasil signifikansinya < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki tingkat pengaruh besar terhadap kemampuan memecahkan masalah pelajaran IPA materi sumber energi kelas IV SDN Pilang 1 Wonoayu Sidarjo.
========================================================================================================================
This research is motivated by learning activities that are still student centered and have not used innovative learning. This study aims to determine whether or not there is an effect of the use of problem-based learning models on the ability to solve problems in science learning on energy sources for class IV SDN Pilang 1 Sidoarjo. The research method used was quantitative with a pre experimental design of the one group pretest-posttest type. The subjects of this study were students of class IV elementary school at SDN Pilang 1 Sidoarjo. data collection techniques using questionnaires and tests. Data analysis using the paired sample t test. The results of this study indicate that there is a significant influence on the ability to solve learning problems in natural science material, energy sources for fourth grade students at SDN Pilang 1. The significance results are <0.05, which is equal to 0.000. This shows that the problem-based learning model has a large degree of influence on the ability to solve science problems in class IV energy sources at SDN Pilang 1 Wonoayu Sidarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model Problem Based Learning; IPA; kemampuan memecahkan masalah Problem Based Learning model; IPA; problem solving skills
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:47
Last Modified: 29 Feb 2024 02:18
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item
View Item