PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN IPA MATERI JARING-JARING MAKANAN BERBASIS POWER POINT DAN APLIKASI CAPCUT PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Islamiyah, Siti Aqidatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN IPA MATERI JARING-JARING MAKANAN BERBASIS POWER POINT DAN APLIKASI CAPCUT PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of MERGED SKRIPSI FIX - aqidatul islamiyah.pdf] Text
MERGED SKRIPSI FIX - aqidatul islamiyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan masih menekankan pada penggunaan metode ceramah yang hanya menuntut peserta didik untuk menyimak saja. Media pembelajaran IPA materi jaring-jaring makanan yang digunakan oleh peserta didik saat ini belum dapat menarik minat peserta didik dan cenderung membosankan
karena guru cenderung masih menggunakan media gambar yang hanya ditempelkan pada sterofoam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran IPA materi jaring-jaring makanan berbasi Power Point dan aplikasi CapCut. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Media
pembelajaran IPA yang sudah dikembangkan kemudian dilakukan uji kelayakan oleh validator ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor 94,2% dan 82% dari validator ahli media. Berdasarkan respon guru mendapatkan
skor 100% dan hasil uji respon peserta didik dari 10 anak mendapatkan skor 98%. Dengan demikian hasil pengembangan media video pembelajaran IPA materi jaring-jaring makanan berbasis Power Point dan aplikasi CapCut yang dihasilkan
dalam peneliti ini dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
========================================================================================================================
The learning carried out still emphasizes the use of the lecture method which only requires students to listen only. Science learning media using food webs used by students at this time cannot attract students' interest and tends to be boring because teachers tend to still use media images that are only attached to Styrofoam. This study aims to develop video media for science learning on food webs based on Power Point and the CapCut application. The model used in this study is the ADDIE model which consists of 5 stages, namely the Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation stages. Science learning media that has been developed are then subjected to a feasibility test by material expert validators and media experts. The results of the material expert validation obtained a score of 94.2% and 82% from the media expert validator. Based on the teacher's response, a score of 100% was obtained and the results of the student response test from 10 children received a score of 98%. Thus the results of the development of science learning video media material for food webs based on Power Point and the CapCut application produced by this researcher are considered appropriate for use in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media video, Power Point, CapCut, Jaring-jaring makanan Video media, Power Point, CapCut, Food webs
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:09
Last Modified: 29 Feb 2024 02:15
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item
View Item