PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPETA UNTUK MUATAN PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mardhiani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPETA UNTUK MUATAN PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of MARDHIANI_D24180089_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPETA UNTUK MUATAN PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR - Mardhiani.pdf] Text
MARDHIANI_D24180089_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPETA UNTUK MUATAN PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR - Mardhiani.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurang adanya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran inovatif, khususnya dalam pembelajaran IPS dan penyampaian materi dengan metode ceramah yang menyebabkan siswa pasif atau kurang terlibat aktif. Disamping itu guru hanya memanfaatkan gambar-gambar yang terdapat pada buku guru dan buku siswa. Ketepatan pemilihan media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Kopeta pada muatan pelajaran IPS materi keberagaman budaya kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Kopeta pada muatan pelajaran IPS materi keberagaman budaya kelas IV Sekolah Dasar, dan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran Kopeta pada muatan pelajaran IPS materi keberagaman budaya kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Media pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh 2 validator. Hasil validasi oleh ahli materi pada validasi tahap pertama dengan persentase 88,5% dan pada validasi tahap kedua dengan persentase 74,2%. Sedangkan dari validator ahli media dengan persentase 88,8%. Berdasarkan
hasil validasi, media pembelajaran kopeta mendapat kategori media yang “Layak digunakan”. Hasil respon guru mendapat tingkat validitas dan kualitas “Sangat Valid” dengan persentase 85,8% dengan jumlah keseluruhan skor 73. Sedangkan hasil respon peserta didik yang berjumlah 7 peserta didik mendapat tingkat validitas dan kualitas “sangat valid” dengan persentase 84,6 %.
========================================================================================================================
The background of this research is the lack of utilization of the use of innovative learning media, especially in social studies learning and the delivery of material using the lecture method which causes students to be passive or less actively involved. Besides that, the teacher only uses the pictures contained in the teacher's book and student's book. The accuracy of media selection is a major factor in
optimizing learning. This study aims to determine the process of developing cultural map briefcase learning media on social studies material on cultural diversity in grade IV elementary school, to determine the feasibility of cultural map briefcase learning media on social studies material on cultural diversity in grade IV elementary school, and to determine the response of teachers and students towards cultural map suitcase learning media in social studies subject matter on cultural diversity in grade IV Elementary School. In this study, researchers used a 4D development model which consisted of 4 stages, namely the Define stage, the Design stage, the Develop stage, and the Disseminate stage. The developed learning media has been validated by 2 validators. The results of validation by material experts in the first stage of validation with a percentage of 88.5% and in the second stage of validation with a percentage of 74.2%. Meanwhile, from the media expert validator with a percentage of 88.8%. Based on the results of the validation, learning media kopeta received the category of media that is "suitable for use". The results of the teacher's response got a level of validity and quality of "Very Valid" with a percentage of 85.8% with a total score of 73. Meanwhile the
results of the responses of students totaling 7 students got a level of validity and quality of "very valid" with a percentage of 84.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kopeta, IPS Learning Media, Kopeta, IPS
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:39
Last Modified: 29 Feb 2024 02:13
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item