PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATERI SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Shichah, Mar’atus (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATERI SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of MAR'ATUS SHICHAH_D24180154_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATERI SIKLUS AIR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR - Maratus Sicha.pdf] Text
MAR'ATUS SHICHAH_D24180154_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATERI SIKLUS AIR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR - Maratus Sicha.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masih ditemukannya beberapa guru yang belum memanfaatkan media dalam kegiatan belajar mengajar dan hanya menggunakan metode ceramah, sehingga membuat peserta didik bosan serta kurang aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berupa media Diorama pada materi siklus air. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Diorama materi siklus air pada mata pelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan ini adalah pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan peneliti hanya sampai tiga tahapan, yaitu Analyze, Design, Development. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket validasi. Media yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli
media dari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dan validator ahli materi dari Madrasah Aliyah Salafiyah Ketegan. Hasil validasi dari ahli media diperoleh hasil 85% yang artinya “Sangat Layak”, sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 92% yang artinya “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media Diorama ini dinyatakan “Sangat Layak” digunakan dalam proses belajar mengajar.
========================================================================================================================
There are still some teachers who have not utilized the media in teaching and learning activities and only use the lecture method, thus making students bored and less active in learning. Thus the researcher wants to develop learning media in the form of Diorama media on the water cycle material. This study aims to develop Diorama learning media for the water cycle material in science subjects in grade V elementary schools.. This type of research is development research. The development model used is ADDIE development. The stages carried out by the researcher were only up to three stages, namely Analyze, Design, Development. The research instruments used were interview sheets and validation questionnaires. The developed media has been validated by a media expert validator from Nahdlatul Ulama University Sidoarjo and a material expert validator from Madrasah Aliyah Salafiyah Ketegan. The results of validation from media experts obtained results of 85% which means "Very Eligible", while the results of the validation of material experts obtained results of 92% which means "Very Eligible". This shows that the Diorama media is declared "Very Eligible" to be used in the teaching and learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Diorama, siklus air. learning media, Diorama, water cycle.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:30
Last Modified: 29 Feb 2024 02:12
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item