PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PANJUNAN SUKODONO

Susanti, Klarisa Amelia (2023) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PANJUNAN SUKODONO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of KLARISA AMELIA SUSANTI_42419047_PGSD_PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PANJUNAN SUKODONO - Althaf Via.pdf] Text
KLARISA AMELIA SUSANTI_42419047_PGSD_PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PANJUNAN SUKODONO - Althaf Via.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap keterampilan membaca peserta didik peserta didik kelas V SDN Panjunan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan desain pra-eksperimen karena hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Sampel dalam penelitian ini yaitu Kelas V A SDN Panjunan Sukodono tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat membaca dan keterampilan membaca peserta didik Kelas V SDN Panjunan. Berdasarkan hasil Uji t diketahui nilai Sig. adalah sebesar
0,046. Karena nilai Sig. 0,046 lebih kecil dari 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau dengan kata lain Gerakan literasi sekolah secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap minat membaca dan keterampilan membaca. Demi merealisasikan Gerakan Literasi sekolah kembali aktif kembali. Maka peneliti ingin menumbuhkan minat membaca peserta didik kembali. Hal tersebut dilakukan supaya Gerakan Literasi sekolah tidak sekedar kegiatan yang dilakukan di sekolah namun sebagai upaya kegiatan literasi terus mengakar dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of interest in reading on the reading skills of fifth grade students at SDN Panjunan. This research includes quantitative research. In this study a pre-experimental design was used because it only involved one class as the experimental class which was carried out without a comparison group. The sample in this study was Class V A at Panjunan Sukodono Elementary School for the 2022/2023 academic year, which consisted of 30
students as the experimental class. Based on the results of research conducted, there is a significant influence between reading interest on reading skills of Class V students at SDN Panjunan. Based on the results of the t test, it is known that the value of Sig. is equal to 0.046. Because the value of Sig. 0.046 is less than 0.05, according to the basis of decision making in the t test it can be concluded that the hypothesis is accepted or in other words interest in reading partially or simultaneously affects reading skills. In order to realize the Literacy Movement the school is back to being active again. So the researcher wants to foster students' interest in reading again. This is done so that the School Literacy Movement is not just an activity carried out in schools but as an effort for literacy activities to continue to take root and be implemented in everyday life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, dan Keterampilan Membaca Reading Interest, and Reading Skills
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:46
Last Modified: 29 Feb 2024 02:06
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item
View Item