PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR

Audina, Khilda (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Khilda Audina_42419044_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Perpindahan Kalor Kelas V Sekolah Dasar - 19C_12_Khilda Audina.pdf] Text
Khilda Audina_42419044_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Perpindahan Kalor Kelas V Sekolah Dasar - 19C_12_Khilda Audina.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi peserta didik pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, dimana kemampuan literasi sains peserta didik di kelas V masih terbilang rendah serta kurangnya pemahaman guru terhadap berbagai macam model pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Banjarkemantren 2 pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas V-A yang berjumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes bentuk soal pilihan ganda serta lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, Data diperoleh dari tes pilihan ganda dan observasi terkait dengan kemampuan literasi sains. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena nilai sig. > 0,05 dan pada pengujian t-test dengan menggunakan paired sample t-test menghasilkan nilai sig < 0,05 pada taraf signifikansi 5% maka dapat disimpulkan h0 ditolak dan ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perpindahan kalor di kelas V sekolah dasar.
========================================================================================================================
This thesis aims to determine the effect of problem-based learning models on students' literacy skills on heat transfer material for class V elementary schools. The background to this research is based on the results of interviews and observations conducted, where the scientific literacy ability of students in grade V is still relatively low, and the teacher lack of understanding of various kinds of learning models. This research was conducted at SDN Banjarkemantren 2 in the even semester of the 2022/2023 school year. The research method used is Pre Experimental Design with a type One Group Pretest-Posttest Design. The sample in the study was students in classes V-A, totaling 31 students. The instruments used were test instruments in the form of multiple-choice questions and observation sheets of teacher and student activities. Data were obtained from multiple-choice tests and observations related to scientific literacy abilities. Data analysis using normality test and test t-test. The results of the analysis show that the data is normally distributed because of the sig. > 0.05 and on testing t-test by using paired sample t-test generate value themselves <0.05 at the 5% significance level, it can be concluded H0 rejected and Ha accepted. This shows that the application of a problem-based learning model influences student's scientific literacy abilities on heat transfer material in grade V elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, kemampuan literasi sains, perpindahan kalor. Problem-based learning, scientific literacy skills, heat transfer
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:40
Last Modified: 29 Feb 2024 02:04
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item
View Item