PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN MAGERSARI SIDOARJO

Chudsiyah, Inayatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN MAGERSARI SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of INAYATUL CHUDSIYAH_42419038_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN - 19A_10_Inayatul Chudsiyah.pdf] Text
INAYATUL CHUDSIYAH_42419038_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN - 19A_10_Inayatul Chudsiyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki dampak bagi kehidupan manusia, tujuan dari perkembangan informasi dan teknologi adalah memfasilitasi tindakan manusia, namun seiring berjalannya waktu ilmu pengetahuan dan teknologi di salah gunakan untuk hal yang negatif. Berdasarkan rumusan masalah adapun tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika pada kelas II SDN Magersari Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada proses penelitian ini menggunakan tes, metode penelitian ini menggunakan preeksperimental design, yaitu one grup pretest-posttest menggunakan satu kelas eksperimen diawali dengan pretestsebelum diberikan perlakuan kemudian posttest dilakukan setelah perlakuan. Sampel yang digunakan kelas II B yang berjumlah 24 peserta didik, terdiri atas 13 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan, untuk mengambil sampel menggunakan teknik simple random sampling. Untuk uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, sedangkan pada analisis data menggunakan uji normalitas dengan SPSS uji Kolmogorov-Smairnov Shapiro Wik,
selain itu ada uji hipotesis dan uji T dengan SPSS Paired Samplet-Test. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis memperoleh nilai pretest dan posttest 0,029 > 0,05. Pada hasil paired sample t-test diperoleh nilai sig < 0,01 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika SDN Magersari Sidoarjo.
========================================================================================================================
The development of science and technology has an impact on human life, the purpose of the development of information and technology is to facilitate human action, but over time science and technology is misused for negative things. Based
on the formulation of the problem, the purpose of this study is to describe the effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' critical thinking skills in learning mathematics in class II SDN Magersari Sidoarjo. The data collection technique used in this research process used tests, this research method used a pre-experimental design, namely one pretest-posttest group using one experimental class starting with the pretest before being given treatment then the posttest was carried out after treatment. The sample used was class II B, which consisted of 24 students, consisting of 13 male students and 11 female students, to take samples using a simple random sampling technique. For testing the instrument using the validity test, reliability test, while the data analysis using the
normality test with the SPSS Kolmogorov-Smairnov Shapiro Wik test, besides that there is a hypothesis test and a T test with the SPSS Paired Samplet-Test. Based on the processing and analysis results, the pretest and posttest scores were
0.029 > 0.05. In the results of the paired sample t-test, a sig value of <0.01 isless than 0.05. So it can be concluded that there is an influence of the Problem Based Learning learning model on students' critical thinking skills in mathematics learning at SDN Magersari Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, problem based learning, berpikir kritis Learning model, problem based learning, critical thinking
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:47
Last Modified: 29 Feb 2024 01:46
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item