IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SD MA’ARIF NU NGABAN DALAM PEMBELAJARAN SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN

Mujayanti, Heni (2023) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SD MA’ARIF NU NGABAN DALAM PEMBELAJARAN SUBTEMA BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of HENI - 19B_08_ Heni Mujayanti.pdf] Text
HENI - 19B_08_ Heni Mujayanti.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan implementasi penguatan pendidikan karakter siswa SD Ma’rif NU Ngaban kelas V. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskirptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument utama adalah peneliti dengan menggunakan alat berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter sudah tercermin dalam perangkat dan kegiatan pembelajaran. Guru juga menekankan pada pembiasaan dan pemberian contoh baik oleh guru maupun peserta didik lainnya, dan taat pada peratutan dan norma yang berlaku dilingkungan sekolah. Nilai-nilai yang dikembangkan oleh guru kelas V yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong
royong, dan integritas.
========================================================================================================================
This study aims to describe the implemention of strengthening character education for fifth graders of Ma’arif NU Ngaban Elementary Scholl. This research uses a
qualitative approach with a descriptive type. The subject of this research is the teacher of class V. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The main instrument is the researcher using tools in the form of observation guidelines, interviews, and documentation analysis. Data were analyzed using the Miles and Hubermen model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity checking technique with source triangulation. The result of the research show that the implementation of strengthening character education has been reflected in learning tools and
activities. The teacher also emphasizes habituation and example by both the teacher and other students, and obeys the rules and norms that apply in the school environment. The values developed by the V grade teacher are religious,
nationalist, independent, mutual cooperation, and integrity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai karakter implementation, character values
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:05
Last Modified: 28 Feb 2024 07:43
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item