PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN MAGERSARI SIDOARJO

Fachrur, Fifi Lathifa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN MAGERSARI SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of FIFI LATHIFA FACHRUR_42419030_PGSD_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN MAGERSARI - 19A_07_Fifi Lathifa Fachrur.pdf] Text
FIFI LATHIFA FACHRUR_42419030_PGSD_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN MAGERSARI - 19A_07_Fifi Lathifa Fachrur.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu proses pembelajaran akan mengalami perubahan. Salah satunya adalah munculnya model pembelajaran sebagai penunjang pemahaman dalam penyampaian materi pelajaran PPKn. Berdasarkan hasil obeservasi yang dilakukan di SDN Magersari menunjukkan bahwa proses belajar mengajar di SDN tersebut masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sekaligus terdapat permasalahan kurangnya kesadaran peserta didik dalam menjaga lingkungan sekolah. Model pembelajaran Project Citizen merupakan Instructional
treatment berbasis masalah dengan tujuan menggali kemampuan peserta didik untuk aktif, tanggap, dan kritis dalam mengatasi permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar. Penerapan model pembelajaran Project Citizen bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang berada di kelas III. Sehingga peserta didik mampu memahami permasalahan di lingkungan sekitar secara kritis, aktif dan tanggap. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas III di SDN Magersari dengan jumlah sampel sebanyak 29 peserta didik diantaranya 15 lak-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Citizen. Hal ini
dibuktikan dengan hasil observasi pelaksanaan kegiatan berkategori baik dengan persentase 78% di perlakuan pertama, 84% di perlakuan kedua, dan 94% di perlakuan ketiga.
========================================================================================================================
The learning process over time will experience changes. One of them is the emergence of a learning model as a support for understanding in the delivery of Civics subject matter. Based on the results of observations conducted at SDN
Magersari, it shows that the teaching and learning process at the SDN still uses conventional learning models as well as the problem of students' lack of awareness in protecting the school environment. The Project Citizen learning model is a problem-based instructional treatment with the aim of exploring students' abilities to be active, responsive, and critical in overcoming problems that arise in the surrounding environment. The application of the Project Citizen learning model aims to improve the critical thinking skills of students in class III. So that students are able to understand the problems in the surrounding environment critically, actively and responsively. The population in this study were class III students at SDN Magersari with a total sample of 29 students including 15 boys and 14 girls.
This study uses a quantitative approach. The data analysis technique used is the validity test, reliability test, normality test and T-test. The results showed that there was an influence on the learning process using the Project Citizen learning model. This is evidenced by the results of observing the implementation of activities in the good category with a percentage of 78% in the first treatment, 84% in the second treatment, and 94% in the third treatment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Project Citizen, Kemampuan Berpikir Kritis Project Citizen learning model, Critical Thinking Ability
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:40
Last Modified: 28 Feb 2024 07:32
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item
View Item