Firdaus, Faradillah Nur Aisyah Alya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
FARADILLAH NUR AISYAH A.F_42419084_SKRIPSI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN - Alya Aisyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi sistem peredaran darah pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Sukorejodengan desain penelitian “one group pretest posttest design”. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil belajar peserta
didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Sukorejo yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas V B sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independent yaitu model Discovery Learning sedangakan variabel dependent yaitu hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan
lembar tes. Hasil dari penelitian ini, bahwa nilai t sebesar -24,494 dan uji signifikan menunjukkan hasil 0,000 ˂ 0,05 dengan tingkat signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning
terhadap hasil belajar peserta didik kelas V materi sistem peredaran darah mata pelajaran IPA di SD Negeri Sukorejo.
========================================================================================================================
This research is a quantitative study with a pre-experimental approach which aims to determine the effect of using the Discovery Learning learning model on the learning outcomes of fifth grade students on the circulatory system in science subjects at SD Negeri Sukorejo with a research design "one group pretest posttest design". The focus of this research is the application of the Discovery Learning
learning model and student learning outcomes. The population in this study were all fifth grade students at SDN Sukorejo which consisted of two classes. The research sample used only one class, namely class VB as the experimental class.
The research variables consist of independent variables, namely the Discovery Learning model, while the dependent variable, namely student learning outcomes. The data collection technique used is a test. The data analysis technique used is a test sheet. The results of this study, that the t value is -24.494 and the significant test shows a result of 0.000 ˂ 0.05 with a significance level of 5%. This shows that there is an influence of the discovery learning learning model on the learning outcomes of fifth grade students on the circulatory system material in science subjects at SD Negeri Sukorejo.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Hasil belajar Peserta Didik Discovery Learning Model, Student Learning Outcomes |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 07:25 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/146 |