PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD PLUS CAHAYA BUDAYA

Deviyanti, Esa (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD PLUS CAHAYA BUDAYA. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Esa Deviyanti_42419106_PGSD_Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didiik - 19D_03_Esa Deviyanti.pdf] Text
Esa Deviyanti_42419106_PGSD_Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didiik - 19D_03_Esa Deviyanti.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kualifikasi pendidik diperlukan untuk pengetahuan yang baik cukup, mampu menyampaikan dan memiliki sikap keteladanan siswa, serta keterampilan yang diperoleh secara holistik dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Peran guru untuk memanfaatkan materi dan media pembelajaran secara maksimal media pembelajaran digunakan untuk membuat peserta didik tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan diharapkan pembelajaran dapat terlaksana secara aktif, efektif dan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap keterampilan membaca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Plus Cahaya Budaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen (Kelas IV) bisa disebut metode penelitian Pre Experimental Design. Menggunakan 1 kelas uji coba atau kelas kontrol (Kelas V). Penelitian ini dilaksanakan pada 24 Juli 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest, dan analisis
data menggunakan uji t teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% mengggunakan program SPSS 16 for windows Validasi penelitian ini adalah validator pakar ahli dan menggunakan penghitungan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan terhadap hasil belajar siswa sebelum diberikannya tretment dan setelah diterapkannya tretment media big book dengan peningkatan rata-rata 91,894. Hal tersebut di ketahui melalui output test statistic uji paired T-TEST (2 tailed) yang menunjukkan signifikansi (2.tailed) 0.000 < 0.05 dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya ada perbedaan antara hasil belajar pada nilai pretest dan posttest serta dapat disimpulkan bahwa media big book berpengaruh dalam keterampilan membaca peserta didik kelas IV SD Plus Cahaya Budaya.
========================================================================================================================
Improving the qualifications of educators is necessary for sufficient good knowledge, being able to convey and have an exemplary attitude of students, as well as skills acquired holistically can be useful in the world of education. The role of teachers to make maximum use of learning materials and media is used to make students interested in following learning and it is hoped that learning can be carried out actively, effectively and consistently. This study aims to determine the influence of big book media on students' reading skills in subjects Indonesian grade IV students of SD Plus Cahaya Budaya. This research uses quantitative research, this research uses one experimental class (Class IV) can be called Pre Experimental Design research method. Using 1 trial class or control class (Class V). can be called Pre Experimental Design research method. Using 1 trial class or control class (Class V). This research will be conducted on July 24, 2023. Data collection techniques using tests in the form of pretest and posttest, and data analysis using t tests independent sample t-test technique with a significance level of 5% using the SPSS 16 for windows program The validation of this research is an expert expert validator and uses SPSS 16. The results of this study showed that there were differences in student learning outcomes before the provision of tretment and after the implementation of big book media tretment with an average increase of 91,894. This is known through the output of the T-TEST paired test statistical test (2 tailed) which shows the significance of (2.tailed) 0.000 < 0.05 it can be concluded that Ha is accepted, which means that there is a difference between learning outcomes in pretest and posttest scores and it can be concluded that big book media has an effect on the reading skills of grade IV students of SD Plus Cahaya Budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Media Big Book, Sekolah Dasar Reading Skills, Influence, Big Book Media
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:11
Last Modified: 28 Feb 2024 06:53
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item
View Item