Fadhilah, Dwi Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA POP UP UNTUK MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA EKONOMI DI MASYARAKAT PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Dwi Nur Fadhilah_42419116_PGSD_pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pop up pada mata pelajaran IPS materi jenisjenis usaha ekonomi di masyarakat pada kelas V SD - D Fadhilah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Dalam proes pembelajaran yang dilakukan guru lebih banyak berperan sebagai sumber belajar tanpa melibatkan peserta didik dalam pembelajaran. Beberapa peserta didik aktif bergerak pada saat guru menjelaskan materi, ada yang berlari - larian dan ngobrol dengan temannya. Peneliti mengembangkan media pembelajaran ular tangga pop up agar peserta didik dapat ikut serta dalam pembelajaran sehingga mereka tidak hanya belajar namun juga bisa bermain. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Media yang dikembangkan oleh peneliti telah divalidaisi oleh validator ahli materi dan ahli media. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor 82,7% yang dikategorikan “sangat Valid”, sedangkan hasil validasi dari ahli media diperoleh skor 81,25% yang dikatagorikan “sangat Valid”. Setelah divalidasi media yang dikembangkan diimplementasikan di SDN Ketegan untuk mengetahui hasil uji respon guru dan peserta didik. Hasil uji respon guru diperoleh skor 100% yang dikategorikan “Sangat Baik”, sedangkan hasil uji peserta didik dari 16 peserta didik mendapatkan skor 99,2% yang dikategorikan “sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran permainan ular tangga pop up “Sangat Valid” dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
========================================================================================================================
In the learning process, the teacher acts more as a sourcw of learning without involving students in learning. Some students actively moved when the teacher explained the material, some were running around and chatting with their friends. The research developed pop up snakes and ladders learning media so that students can participate in learning so that they not only learn but can also play. The model
used in this study is the ADDIE model which has five stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used were validation questionnaires, teacher response questionnaires and student response questionnaires. The media developed by the researcher has been validated by the material expert validator and media expert, Sidoarjo. The validation results from material experts obtained a score of 82,7% which was categorized as “Very Valid”, while the validation results from media experts obtained a score of 81,25% which was categorized as “Very Valid”. After being validated, the developed media was implemented at SDN Ketegan to find out the results of teacher’s response test obtained a score of 100% which was categorized as “Very Good”, while the student
test results from 16 students obtained a score of 99,2% which was categorized as “Very Good”. This shows that the pop up snake and ladder game learning media is “Very Valid” and can be used in the learning process.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, ular tangga pop up, jenis-jenis usaha ekonomi dimasyarakat Learning media, pop up snake and ladder game, types of economic enterprises in society |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 03:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 06:30 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/140 |