PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS V SD PLUS CAHAYA BUDAYA KREMBUNG SIDOARJO

Febrianti, Dea Rizki (2023) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS V SD PLUS CAHAYA BUDAYA KREMBUNG SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of DEA RIZKI_D24180106_PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN (2) - difa syivani.pdf] Text
DEA RIZKI_D24180106_PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN (2) - difa syivani.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas V pada materi bilangan pecahan melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Teknik pengumpulan data yang di ambil adalah berupa tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, dan uji t-test. Hasil penelitian ini yaitu: peneliti melakukan uji normalitas data, dari hasil perhitungan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov diperoleh nilai signifikansi (Asymp sig) adalah 0,986 >0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data nilai Pretes-Postest keduanya berdidtribusi normal.Kemudian peneliti melakukan uji t-test, dari hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi 2 tailed 0.000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia sangat efektif untuk mengembangkan pemahaman konsep siswa dalam materi bilangan pecahan pada kelas V SD plus cahaya budaya. Kesimpulan: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas V hal ini di buktikan dari hasil uji t-test nilai signifikansi 2 tailed 0,000 < 0,05
========================================================================================================================
The purpose of this study is to describe the fifth grade students' conceptual understanding of fraction material through the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach. The data collection technique used is in the form of a test. The data analysis used in this research is validity test, reliability test, data normality test, and t-test. The results of this study were: the researcher conducted a data normality test. From the results of calculations using the Kolmogorov Smirnov test, a significance value (Asymp sig) is 0.986 > 0.05, so it can be
concluded that the data for the Pretest-Postest values are both normally distributed <0.05 indicates a significant difference between pretest and posttest. Thus it can be concluded that the use of the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach is very effective for developing students' conceptual understanding of fractional material in class V SD plus Cahaya Budaya. Conclusion: The Indonesian Realistic Mathematics Education Approach has an
effect on fifth grade students' understanding of concepts. This is proven by the results of the t-test, a significance value of 2 tailed 0.000 <0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, pendidikan matematika realistik Indonesia conceptual understanding, Indonesian realistic mathematics education
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:35
Last Modified: 28 Feb 2024 04:36
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item