PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PINTAR UNTUK PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD MA’ARIF NU NGABAN

Aslinda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PINTAR UNTUK PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD MA’ARIF NU NGABAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of ASLINDA_42419099_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PINTAR UNTUK PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD MA'ARIF NU NGABAN - 19B_22_ ASLINDA.pdf] Text
ASLINDA_42419099_PGSD_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PINTAR UNTUK PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD MA'ARIF NU NGABAN - 19B_22_ ASLINDA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Adapun kendala pembelajaran di SD Ma’arif NU Ngaban adalah guru masih menggunakan pelajaran satu arah dengan ceramah dan menggunakan literasi yang banyak yang membuat peserta didik kurang antusias mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran IPA. Sehingga peneliti mengembangkan Media Ular
Tangga Pintar sesuai dengan tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Ular Tangga Pintar, pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA khususnya materi sifat dan perubahan wujud benda kelas V SD Ma’arif NU Ngaban. Selain itu media pembelajaran Ular Tangga Pintar ini juga dapat mempermudah peserta didik dalam mengingat pembelajaran tentang materi sifat dan perubahan wujud benda. Penelitian pengembangan Media Ular Tangga pintar ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Ular Tangga Pintar pada pembelajaran IPA dikelas V SD Ma’arif NU Ngaban. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian pengembangan. Pengembangan ini mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangannya yaitu:
Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian pengembangan Media Ular Tangga Pintar dengan menggunakan model ADDIEtelah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media
menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 84% masuk kategori sangat layak. Sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 76% masuk kategori layak untuk digunakan.
========================================================================================================================
The obstacle to learning at SD Ma'arif NU Ngaban is that teachers still use one�way learning with lectures and use a lot of literacy which makes students less enthusiastic in participating in learning, especially learning science. So the researchers developed Smart Snakes and Ladders Media in accordance with the learning objectives of developing Smart Ladders Snakes learning media, development of learning media in science subjects, especially material properties and changes in the form of objects for class V SD Ma'arif NU Ngaban. In addition, this Smart Ladder Snake learning media can also make it easier for students to remember learning about the nature of matter and changes in the shape of objects. This research on the Development of Smart Snakes and Ladders Media aims to develop Media for Smart Snakes and Ladders Games in learning science in class V SD Ma'arif NU Ngaban. The type of research that will be used is development research. The type of research that will be used is development research. This development refers to the ADDIE model with five development steps, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The results of the research on the development of Smart Snakes and Ladders Media using the ADDIE model have met the criteria of several expert trials. The results of the media expert trial showed a validity level of 84% in the very feasible category. While the validity of material experts is 76% in the category of feasible to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, ular tangga pintar. Development, learning media, smart snakes and ladders.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:19
Last Modified: 28 Feb 2024 02:12
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item