PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SD SITI AMINAH SURABAYA

Lutfita, Arina Farikhatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SD SITI AMINAH SURABAYA. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Arina Farikhatul Lutfita_42419014_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Siti Aminah Surabaya - Arina Farikhatul Lutfita.pdf] Text
Arina Farikhatul Lutfita_42419014_PGSD_Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Siti Aminah Surabaya - Arina Farikhatul Lutfita.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Leaning terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas 1 SD Siti Aminah Surabaya, dan menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning
terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Siti Aminah Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan belajar peserta didik, dan lembar tes. Observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dalam bentuk persentase pada setiap aspek indikator yang telah ditetapkan. Sedangkan data hasil
nilai pretest dan postest di analisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji wilcoxon. Uji wilcoxon digunakan ketika suatu data yang diteliti berdistribusi tidak normal, sehingga uji ini seringkali digunakan untuk menggantikan uji paired sample t-tes Observasi peserta didik dilaksanakan pada saat treatment pembelajaran sebanyak dua kali, pada pertemuan 1 memiliki rata-rata sebesar 46,47%, dan mengalami
peningkatan pada pertemuan 2 memiliki rata-rata sebesar 72,89%. Hal ini menunjukkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Leaning terlaksana dengan sangat baik pada perhitungan uji hipotesis yakni uji wilcoxon dimana sig
(2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditalak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Siti Aminah Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, keaktifan belajar, hasil belajar. Problem Based Learning Model, activeness learning, learning outcomes.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:53
Last Modified: 28 Feb 2024 01:45
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item
View Item